Panduan Mencari dan Memilih Rumah

rumah

BIBLIOTIKA - Di dalam kehidupan ini, rumah adalah salah satu kebutuhan paling pokok sekaligus mendasar bagi banyak orang, di samping makanan dan pakaian. Kita sudah seringkali mendengar istilah yang menyatakan bahwa hidup ini ditunjang oleh tiga pilar yang seringkali disebut dengan istilah ‘sandang, pangan dan papan’ yang menunjukkan betapa pentingnya ketiga hal tersebut di dalam kehidupan sehari-hari.

‘Sandang’ menunjukkan betapa pentingnya arti pakaian bagi manusia, karena dengan pakaian inilah manusia dapat menutupi dirinya sekaligus menjunjung harga dirinya. ‘Pangan’ menunjukkan betapa pentingnya makanan bagi manusia, karena dengan makanan inilah orang dapat bertahan dan melanjutkan hidup dengan sehat. Sementara ‘Papan’ menunjukkan betapa pentingnya rumah atau tempat tinggal agar manusia dapat berteduh sekaligus merasa nyaman di dalam kehidupannya.

Begitu berarti dan begitu pentingnya fungsi rumah, ada begitu banyak orang yang sampai menabung bertahun-tahun lamanya untuk dapat membeli dan memiliki rumah. Ada pula yang menempuh jalan kredit yang disebut sebagai KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah, dan lain-lain.

Memilih dan membeli rumah bukanlah hal yang mudah. Selain memiliki harga yang mahal, proses dalam memilih dan membeli rumah seringkali tidak semudah yang dibayangkan orang. Ada cukup banyak orang yang tertipu ketika melakukan proses ini karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki. Sudah sering media massa mengulas berita tentang penipuan dengan modus jual-beli rumah ini, dan korban yang dirugikan pun kehilangan uang sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Secara teoritis, pengurusan semenjak memilih, membeli hingga membangun rumah memang cukup rumit. Diperlukan suatu pengetahuan yang cukup agar dalam proses itu kita bisa aman sekaligus tidak dirugikan, serta dapat mewujudkan harapan untuk dapat memiliki sebuah rumah yang didambakan.

Punya rencana mencari dan membeli rumah atau properti? Sebagian orang berencana mencari rumah atau properti untuk ditinggali atau digunakan, sebagian lagi dimaksudkan untuk tujuan investasi. Apa pun tujuannya, panduan dan saran berikut ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang berencana mencari rumah atau properti.

Jika Anda sedang mencari sebuah rumah idaman, mulailah dengan menuliskan apa yang Anda angan-angankan dan apa yang kira-kira akan menjadi kenyataan. Pertimbangkan keuntungan dan kerugian dari tipe rumah yang Anda inginkan; seperti rumah dengan pekarangan, rumah mungil atau rumah yang besar, apartemen, townhouse, dan sebagainya. Selanjutnya, pikirkanlah hal lain seperti memilih bangunan yang benar-benar baru, ataukah yang pernah dihuni sebelumnya.

Setelah memikirkan hal-hal tersebut, Anda pun sudah siap untuk mencari rumah. Berikut ini tahapan dalam mencari rumah:

Daftar ideal (wish list)

Wish list adalah daftar yang berisikan apa yang idealnya Anda harapkan dari sebuah rumah beserta lingkungannya, misalnya jumlah kamar tidur dan kamar mandi; lingkungan tetangganya seperti apa; apakah dekat dengan sekolah; kedekatan dengan tempat kerja, rumah ibadah, anggota keluarga yang lain, teman-teman dan lain-lain.

Wish list juga bisa diisi dengan fantasi Anda seperti; perlengkapan untuk dapur; garasi yang bisa menampung lima mobil; kamar tidur utama yang kamar mandinya mempunyai jacuzzi, dan lain-lain. Jadi, wish list bisa diisi dengan berbagai keinginan yang Anda angan-angankan.

Keinginan Anda (reality check)

Reality check adalah segala sesuatu yang harus ada. Contohnya, Anda mungkin menginginkan rumah dengan lima kamar tidur dan lima kamar mandi di Pondok Indah. Siapapun ingin rumah yang agak besar di lokasi yang pretisius, bukan?

Tetapi, bila kemudian Anda melihat jumlah anggota keluarga Anda, dan keperluan sebenarnya, Anda mungkin cuma memerlukan minimal tiga kamar tidur dan tiga kamar mandi saja. Dan, tidak perlu di Pondok Indah, tapi cukup di lokasi lain yang juga dekat dengan tempat kerja dan famili Anda yang lain.

Membeli rumah tanpa membuat wish list dan reality check sama saja seperti Anda bepergian ke suatu tempat yang baru bagi Anda tanpa membawa peta.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.