Panduan Menata Ruangan Kamar Tidur

kamar tidur

BIBLIOTIKA - Tempat tidur dibangun dengan tujuan untuk tidur dan beristirahat. Karenanya, desain dan penataan kamar tidur pun idealnya mengutamakan kesederhanaan desain dengan menghadirkan sesedikit mungkin furniture. Dengan begitu, maka tujuan membangun kamar tidur untuk tidur dan beristirahat pun tercapai, yakni terwujudnya kamar tidur yang bersih dan tenang.

Untuk menciptakan suasana yang bersih dan tenang semacam itu, maka jangan ragu untuk meninggalkan penataan yang menggunakan furniture berdesain konvensional dengan menghadirkan desain yang simpel tanpa detail dan lebih mementingkan fungsi. Umpamanya, tempat tidur yang didesain seperti panggung yang mungkin terinspirasi dari penataan kamar tidur ala Jepang.

Hal semacam itu akan terlihat unik dengan diletakkannya kotak yang bertumpuk dua yang dapat berfungsi sebagai laci yang moveable, dan diletakkan di kedua sisi. Di atas kotak yang bertumpuk tersebut dapat digunakan sebagai penempatan lampu meja, sehingga tidak perlu lagi menggunakan lampu meja sebagaimana umumnya.

Selain itu, untuk memperoleh kamar tidur yang nyaman untuk beristirahat, dibutuhkan ruang yang memadai yang sesuai dengan kemampuan penghuninya. Ruangan kamar tidur hendaknya tidak terlalu sempit, pencahayaan yang memadai dan juga udara segar dapat masuk sesuai kebutuhan.

Pada saat sekarang ini, para produsen tempat tidur telah banyak memproduksi berbagai peralatan kamar tidur, seperti meubel inti, misalnya tempat tidur dengan kasur yang berbagai macam jenisnya; ada kasur kapuk, kasur busa, kasur springbed, bahkan ada pula kasur air.

Anda tentu saja dapat memilih sesuai dengan kebutuhan ataupun selera. Di atas kasur tersebut dapat dibentangkan seprai atau penutup tempat tidur, bantal dengan sarung bantal dan juga guling serta berbagai penunjang kamar tidur ataupun pernak-perniknya.

Ukuran tempat tidur bisa dikatakan macam-macam, dan ini sekali lagi tergantung pada kemampuan dan kebutuhan. Untuk kamar tidur utama yang digunakan oleh dua orang, biasanya digunakan tempat tidur ukuran 160 atau 180 cm x 200 cm, atau ukuran yang lebih besar, yaitu 200 cm x 200 cm.

Di pasaran saat ini banyak ditawarkan aneka corak dan warna seprai. Kalau Anda menggunakan jasa desainer interior, maka biasanya interior desainer yang menentukan, membuat desain dan memilihkan bahan, motif serta warna yang sesuai dengan corak, warna dan gaya lingkungan suatu tempat tidur. Pemilihan seprai atau penutup tempat tidur ini seperti halnya dengan tirai jendela kamar tidur, akan sangat mempengaruhi suasana ruang tidur secara keseluruhan.

Bagaimana dengan haisan dinding, semacam lukisan, misalnya? Keberadaan lukisan berukuran besar sebagai background dapat mempertegas keberadaan tempat tidur berdesain simpel dengan kesan yang natural. Pada sisi lain dapat dibuat area duduk yang bisa ditata ala Jepang, yaitu dengan duduk di bawah, dengan dilengkapi meja berdesain simpel serta dengan kesan yang sama seperti tempat tidur.

Apabila ruang tidur memiliki celling yang cukup tinggi, Anda dapat menggunakan tempat tidur berkanopi yang didesain simpel dengan bentuk kotak-kotak pada heardboard-nya, sehingga penerangannya dapat menggunakan standing lamp berdesain unik yang juga bisa dijadikan sebagai art object.

Untuk furniture serta aksesori yang menunjang, dapat didesain dengan bentuk sederhana dan simpel. Dengan mengambil sentuhan zen style, misalnya, hal tersebut dapat ditata dengan menggunakan furniture minimal, sehingga akan menghadirkan kesan ruangan kamar menjadi luas.

Ruang tidur yang dapat dikatakan bersifat sangat pribadi ini biasanya juga digunakan sebagai tempat untuk menyimpan pakaian, benda-benda koleksi pribadi, aksesori busana, sepatu dan mungkin pula barang yang lain. Ada yang menyimpan barang-barang semacam itu di satu ruangan khusus yang dibuat antara ruang tidur dan kamar mandi, namun ada pula yang membuat lemari yang diletakkan di satu sisi dinding. Sekitar tempat tidur sering pula dibuat lemari penyimpanan yang bersifat built in.

Setiap orang tentunya memiliki selera dan gaya yang ingin diterapkan pada interior rumah yang menjadi tempat tinggalnya, yang juga diterapkan pada ruangan tidurnya.

Seperti disebutkan di atas, untuk mempercantik dan membentuk suasana yang dikehendaki, sebaiknya ruang tidur juga dilengkapi dengan aksesori interior kesayangan dari si pengguna kamar tidur seperti misalnya lukisan dinding ataupun hiasan dinding. Benda koleksi kesayangan yang sifatnya pribadi ini akan membuat orang yang tinggal di dalamnya menjadi semakin nyaman dan private.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.