Panduan dan Tips Berwirausaha

Tips Berwirausaha

BIBLIOTIKA - Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang untuk mendapatkan uang dan menghasilkan pendapatan. Sebagian orang mencari uang dengan cara menjadi pegawai, bekerja di pabrik, atau di suatu kantor perusahaan. Sebagian yang lain mencari uang dan penghasilan dengan menjadi seorang profesional, entah menjadi dokter, pengacara, akuntan, dan beragam jenis profesi yang lain.

Sementara sebagian yang lain lagi mencari uang dan penghasilan dengan cara menggunakan kreativitas yang dimilikinya. Apapun yang digunakan untuk mendapatkan uang, tentu semuanya berpulang pada masing-masing keahlian dan kelebihan yang dimiliki, serta juga pada minat dan kecenderungan masing-masing orang.

Nah, salah satu cara adalah dengan menggunakan kreativitas. Selama ini, orang seringkali mengidentikkan istilah kreativitas dengan hal-hal yang bisa dikatakan sudah umum, seperti misalnya kerajinan tangan dan semacamnya. Namun, sebenarnya kreativitas tidak hanya sebatas itu.

Selain menghasilkan produk kerajinan tangan atau hal-hal yang semacamnya, kreativitas juga bersentuhan dengan produk kimia industri; suatu hal yang mungkin belum banyak terpikirkan orang untuk menggelutinya.

Padahal, kalau saja kita mau menajamkan pikiran, sesungguhnya hidup kita sehari-hari tak pernah lepas dari produk kimia industri. Produk-produk ini bisa berupa sabun, baik sabun cuci atau sabun mandi, pasta gigi, shampo untuk berkeramas dan membersihkan rambut kepala, minyak rambut dan lain sebagainya. Produk-produk yang disebutkan ini hanyalah sebagian kecil contoh dari begitu banyaknya produk kimia industri lain yang juga setiap hari bersentuhan dengan hidup kita.

Nah, pernahkah Anda berpikir untuk menggeluti bisnis yang satu ini? Mungkin, yang selama ini terbayang dalam benak banyak orang adalah bahwa membuat produk-produk industri semisal sabun, shampo dan lain-lain semacamnya itu membutuhkan pabrik yang besar, karyawan yang banyak dan juga mesin-mesin yang canggih. Padahal, anggapan semacam itu tidak sepenuhnya benar.

Jadi, kalau Anda memang memiliki minat untuk menerjuni bisnis memproduksi barang-barang kimia industri ini, berikut ini beberapa saran yang bisa dipikirkan.

Niat dan fokus pada tujuan

Yang pertama harus Anda miliki adalah niat yang kuat dan fokus pada tujuan. Jadi, setelah Anda memiliki niat yang kuat untuk menerjuni bisnis membuat produk kimia industri, maka Anda sebaiknya fokus terlebih dulu pada produk apa yang ingin Anda garap terlebih dulu.

Umpamanya, kalau Anda memang memiliki kecenderungan yang kuat dalam rencana ingin membuat produk berupa sabun, maka sebaiknya fokuskan terlebih dulu segala pikiran, tenaga, waktu dan biaya yang ada untuk menekuni proses pembuatan sabun dan jangan dulu terpengaruh untuk mencoba produk yang lain.

Sebagaimana yang Anda tahu, produk kimia industri membutuhkan ketekunan dan ketelitian sekaligus juga proses pembelajaran yang tak sebentar untuk mewujudkannya. Proses pembuatan sabun, misalnya, mungkin memang hanya membutuhkan waktu yang tak lama untuk membuatnya.

Namun untuk dapat menghasilkan suatu produk yang benar-benar tepat dan sesuai dengan yang diharapkan, lain daripada yang lain dan yang sesuai dengan selera Anda, tentu membutuhkan waktu yang tak sebentar.

Dengan memfokuskan diri terhadap tujuan, maka Anda bisa benar-benar mempelajari proses produksi atas suatu produk tersebut secara menyeluruh dan utuh. Nanti, setelah Anda bisa menguasai satu produk dengan baik, maka Anda bisa mulai melebarkan sayap dengan mulai memikirkan untuk membuat jenis produk yang lain.

Seringkali, pada percobaan pembuatan suatu produk yang pertama kali tidak langsung bisa menghasilkan suatu produk yang sempurna. Selalu saja ada kekurangan tertentu, cacat tertentu, dan semua itu akan semakin dapat diperbaiki dengan seiring waktu yang digunakan untuk menyempurnakannya. Itulah mengapa Anda harus fokus pada tujuan produk yang diinginkan, dan sebaiknya tidak membagi perhatian pada beberapa produk sekaligus.

Tentukan jenis dan ciri khusus

Nah, kalau Anda sudah dapat menemukan produk apa yang ingin Anda buat, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus menentukan suatu jenis dan ciri khusus yang khas sekaligus istimewa yang akan menjadi ciri dari produk yang Anda buat itu.

Produk sabun, umpamanya. Sebagaimana yang telah Anda tahu, saat ini sudah ada begitu banyak produk sabun yang membanjiri pasaran. Dari sabun berbentuk batangan, sabun cair dan jenis-jenis sabun lainnya. Kalau Anda hanya membuat sabun yang tak ada bedanya dengan yang saat ini sudah ada di pasaran, maka tentunya Anda hanya akan semakin menyesaki persaingan namun tidak dapat menawarkan keunggulan tertentu yang dapat dianggap sebagai keistimewaan.

Karenanya, sebaiknya cari dan tentukan suatu ciri khas tertentu yang akan Anda lekatkan pada produk yang Anda buat, sehingga orang (masyarakat / konsumen) pada nantinya akan lebih mudah dalam mengenali produk Anda. Seumpama Anda membuat sabun, maka cobalah cari suatu identitas tertentu yang akan membuat sabun produksi Anda berbeda dengan jenis-jenis produk sabun lain yang selama ini sudah ada di pasaran. Mungkin Anda bisa melakukan perbedaan dalam hal bungkus atau kemasannya, pada harum wangi atau aromanya, atau bisa pula pada kelebihan fungsinya.

Dengan adanya suatu ciri khas tertentu yang istimewa, maka produk Anda nantinya tidak hanya akan mudah dikenali oleh konsumen, namun juga akan memiliki nilai lebih sehingga akan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dipilih oleh konsumen.

Jalin hubungan kerjasama

Dalam menekuni pembuatan produk kimia industri ini, mau tak mau Anda harus menjalin hubungan dengan beberapa pihak. Semakin besar bisnis yang Anda bangun, maka semakin besar pula jalinan hubungan kerjasama yang juga harus Anda bina.

Meskipun mungkin pada awalnya bisnis Anda belum terlalu besar, toh Anda tetap memerlukan jalinan hubungan kerjasama ini. Misalnya, Anda memerlukan kerjasama dengan pihak yang dapat menyediakan wadah cetakan dalam membuat produk kimia yang Anda produksi. Selain itu, Anda juga memerlukan hubungan dengan orang yang dapat membuat bungkus atau kemasan dari produk yang Anda buat. Dan jika bisnis Anda terus berkembang dan membesar, tidak menutup kemungkinan kalau Anda pun mungkin akan berhubungan dengan pihak bank atau investor.

Jadi, dalam proses produksi ini, Anda memang tak bisa melakukan segalanya sendirian, kecuali kalau Anda memang dapat memproduksi semua-muanya. Namun, untuk lebih meringankan kerja Anda, maka sebaiknya Anda menjalin hubungan dengan pihak lain yang dapat menyediakan sesuatu yang tidak bisa Anda buat sendiri. Kalau Anda memproduksi shampo, misalnya, Anda tidak perlu repot membuat kemasannya sekaligus, karena Anda bisa mencari pihak pembuat kemasan shampo dan memesan kepada pihak tersebut. Ini akan jauh meringankan kerja Anda.

Teruslah kembangkan jaringan

Mungkin, pada awalnya Anda hanya mampu memproduksi satu jenis produk saja, dan mungkin Anda pun pada awalnya hanya memiliki pasar yang terbatas. Namun, jika Anda terus tekun mengembangkannya, maka yang sedikit dan sempit itu pun akan menjadi banyak dan meluas.

Produk yang pada awalnya hanya satu jenis, lama-lama akan mengembang menjadi beberapa jenis apabila Anda terus bekerja untuk mengembangkannya lebih lanjut. Karenanya jangan pernah berhenti belajar dan berhenti meneliti. Selalu saja ada produk baru yang dapat Anda buat kalau Anda terus tekun mencari dan mempelajarinya.

Begitu pula dengan jaringan pasar. Pasar yang mungkin hanya sedikit pada awal Anda berproduksi pun lama-lama akan menjadi suatu jaringan pemasaran yang luas sekaligus kuat kalau Anda terus memfokuskan diri untuk tujuan itu. Selalulah mencari informasi daerah-daerah mana saja yang memiliki tingkat kebutuhan yang besar pada produk yang Anda buat, kemudian banjiri daerah itu dengan produk-produk Anda.

Seperti juga pada jenis produk kimia industri lainnya, tidak ada yang langsung besar dan langsung dikenal. Semuanya membutuhkan proses berliku dan jalan yang panjang. Produk-produk yang sekarang terkenal seperti Lifebouy, Rinso, So Klin, Pepsodent dan lain-lainnya, semuanya pun membutuhkan proses yang panjang untuk bisa menjadi seterkenal sekarang. Karenanya, jangan pernah berhenti berjuang untuk terus memperkenalkan produk-produk Anda pada masyarakat atau konsumen.

Mulailah melakukan diversifikasi

Kalau Anda perhatikan, produk yang memiliki nama induk Indofood memiliki banyak jenis dan ragam produk. Produk-produk Indofood itu mulai dari kecap, mie instan, sambal, sampai pada jenis-jenis minuman sirup. Apa yang dilakukan oleh Indofood dengan membuat aneka jenis produk yang berbeda itu dinamakan ‘diversifikasi’.

Nah, apabila usaha yang Anda bangun sudah mulai membesar, mulailah untuk juga melakukan diversifikasi dengan tujuan untuk merebut pasar sebanyak-banyaknya. Kalau Anda pada mulanya hanya memproduksi satu jenis sabun, misalnya, Anda bisa melakukan diversifikasi dalam bentuk memproduksi jenis-jenis sabun lainnya. Mungkin sabun yang memiliki nama berbeda dengan fungsi berbeda, dengan aroma berbeda, dengan harga yang juga berbeda. Ini bisa dikatakan sebagai bentuk diversifikasi awal.

Pada nantinya, kalau memang sudah memungkinkan untuk melakukan diversifikasi lebih lanjut, Anda bisa membuat jenis produk-produk yang berbeda dengan nama induk atau merek yang sama—seperti pada contoh Indofood tadi. Pendeknya, semakin banyak ragam jenis produk yang dapat Anda buat dan Anda pasarkan, maka semakin besar pula kemungkinan produk-produk Anda akan dipilih oleh konsumen.

Jangan berhenti berkreativitas


Berbeda dengan bekerja sebagai pegawai di suatu kantor atau di suatu perusahaan tertentu, maka bekerja dengan kreativitas adalah bekerja dengan tanpa jadwal yang ditetapkan. Karenanya, di sini yang paling diperlukan adalah kedisiplinan dan keinginan untuk tidak pernah berhenti belajar.

Kalau Anda bekerja di suatu perusahaan atau di suatu kantor milik orang lain, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah berangkat dan pulang kerja sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan mengerjakan segala pekerjaan yang telah ditetapkan sesuai dengan tugas Anda.

Namun, bekerja dengan kreativitas yang mandiri dan mencoba menciptakan suatu peluang usaha sendiri dengan membuat produk-produk kimia industri ini, yang diperlukan tidak hanya sekedar itu. Di sini Anda juga dituntut untuk terus berkreativitas, tidak berhenti mencari jenis dan produk baru yang dapat Anda buat agar bisnis Anda terus berkembang dan maju ke depan.

Mencari duit dengan kreativitas adalah mencari duit dengan asyik. Artinya, Anda harus benar-benar mencintai pekerjaan Anda, menyukai apa yang Anda lakukan, agar proses kerja yang dilakukan bisa benar-benar mengasyikkan.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.