Mitologi-mitologi Seputar Kupu-kupu

Kupu-kupu

BIBLIOTIKA - Dalam legenda Sampek-Engtay, dikisahkan bahwa dua orang yang saling mencintai akan hidup abadi, namun dalam bentuk kupu-kupu. Dalam mitologi Cina dan Jepang, kupu-kupu memang menyimbolkan keindahan dan kebahagiaan yang abadi. Mungkin itu karena keindahan sayap yang dimiliki hewan ini, juga karena kebebasan yang disimbolkan oleh tarian terbangnya.

Berikut ini adalah beberapa mitologi terkenal tentang kupu-kupu, yang berasal dari beberapa negara.

Yunani

Bangsa Yunani mempercayai, bahwa jiwa manusia akan lahir kembali dalam setiap kepompong yang kemudian bermetamorfosa menjadi kupu-kupu.

Cina dan Jepang

Dua Bangsa Asia ini mempercayai bahwa kupu-kupu adalah simbol yang merepresentasikan keindahan dan kebahagiaan abadi.

Suku Indian Amerika

Suku Indian Amerika memiliki legenda yang dipercaya dan diceritakan turun-temurun, yang menyatakan bahwa kupu-kupu akan membawakan doa dan harapan manusia kepada roh nenek moyang mereka. Sementara Suku Indian Blackfeet mempercayai bahwa kupu-kupu tersebut nantinya akan membawakan mimpi ke dalam tidur manusia.

Kepulauan Solomon

Penduduk Kepulauan Solomon percaya pada reinkarnasi, dan menganggap kupu-kupu sebagai makhluk terindah di dunia. Ketika penduduk di sana sedang sekarat dan ditanya ingin menjadi apa setelah kematiannya, mereka selalu memilih untuk bereinkarnasi menjadi kupu-kupu.

Asia Selatan

Masyarakat di India dan Burma sering menggunakan kehidupan kupu-kupu sebagai analogi kehidupan manusia—dimulai dari ulat, kepompong, kemudian menjadi kupu-kupu yang indah.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.