Makanan dan Minuman yang Membantu Awet Muda

bawang putih

BIBLIOTIKA - Anda adalah apa yang Anda makan. Meski mungkin terdengar klise, tetapi pepatah itu benar. Makanan yang baik akan mendukung tubuh memiliki kondisi yang baik, sebagaimana makanan yang buruk juga akan menggerogoti performa tubuh. Ada berbagai macam makanan di sekeliling kita, dan setiap orang punya hak untuk memilih dan mengonsumsinya. Namun, seperti yang disebut tadi, Anda adalah apa yang Anda makan.

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan masalah, yang paling umum adalah berat badan berlebih. Meski mungkin obesitas bisa dibilang telah umum karena dialami banyak orang, namun Anda perlu tahu bahwa lembaga kanker di Amerika memperkirakan masalah berat badan telah mengakibatkan 90.000 orang meninggal setiap tahun. Istilah “berat badan” mungkin terdengar sepele, tapi efeknya mengerikan.

Ada makanan yang buruk, begitu pula ada makanan yang baik. Di antara manfaat makanan yang baik tidak hanya menunjang kesehatan, namun juga dapat membantu Anda lebih awet muda. Yang dimaksud awet muda adalah memiliki penampilan fisik yang tampak lebih muda dari usia sebenarnya. Misalnya, jika Anda berusia 50 tahun, tampilan fisik Anda tampak masih berusia 40 tahun atau kurang.

Jika Anda ingin senantiasa awet muda, makanan-makanan berikut ini bisa membantu mewujudkannya.

Bawang putih

Masalah umum yang biasa dialami orang yang menyantap bawang putih adalah bau mulut. Kenyataannya, bawang putih mengandung allicin, yaitu zat yang menyebabkan munculnya bau khas dari bawang tersebut. Namun, zat itu juga merupakan antioksidan yang sangat ampuh. Bawang putih juga menjadi pilihan para koki dalam menambah cita rasa pada masakan, tanpa menambah kalori.

Antioksidan adalah salah satu faktor utama dalam membantu Anda untuk awet muda. Bawang putih mengandung antioksidan tersebut. Penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan lebih banyak hydrogen sulfide (senyawa antioksidan alami tubuh), mengendurkan pembuluh darah, dan melancarkan peredaran darah.

Dr. David W. Kraus, profesor biologi dari Universitas Alabama, yang menulis banyak artikel mengenai khasiat bawang putih, menyarankan untuk menghancurkan bawang putih terlebih dulu dan mendiamkannya selama 15 menit sebelum dimasak. Hal itu dilakukan agar khasiat bawang putih dapat berfungsi secara optimal.

Telur

Sebagian orang menyebut telur sebagai makanan kurang sehat, karena mengandung kolesterol. Meski begitu, bukan berarti telur tidak memiliki manfaat sama sekali. Sebaliknya, telur mengandung banyak khasiat.

Dalam setiap butir telur terkandung 9 asam amino penting, dan 6 gram protein sehat. Telur juga mengandung lutein (zat yang membantu mencegah degenerasi makular, yaitu kondisi medis yang dialami orang dewasa dalam bentuk penurunan penglihatan karena kerusakan retina), zeaxanthin (zat yang baik untuk mata dan membantu mencegah katarak), dan choline (zat yang penting untuk otak dan sistem saraf). Telur juga termasuk makanan yang secara alami mengandung vitamin D (jarang sekali makanan yang didalamnya terkandung vitamin D).

Yang menarik, penelitian di Harvard School of Public Health menemukan fakta bahwa mengonsumsi telur tidak memiliki korelasi dengan serangan jantung. Hal itu bertolak belakang dengan anggapan umum sebagian orang yang menjauhi telur karena khawatir dengan kesehatan jantungnya.

Blueberry

Salah satu penyebab penuaan dini adalah stres, apalagi stres berkepanjangan. Jika Anda sering mengalami stres, bisa dibilang Anda akan cepat tua. Dalam hal itu, blueberry bisa dikonsumsi untuk mengatasi stres. Dalam blueberry terkandung pigmen yang merupakan penangkal stres.

Selain menangkal stres, pigmen dalam blueberry juga membantu otak dalam memproduksi dopamin, yaitu zat yang berguna dalam merangsang kebahagiaan, serta menguatkan ingatan dan koordinasi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi setengah cangkir blueberry setiap hari sangat efektif untuk memperbaiki penurunan ingatan dan koordinasi sel-sel saraf otak.

Tidak hanya blueberry, buah-buah berry lain seperti strawberry dan cranberry juga dapat membantu kulit Anda tampak bercahaya dan kencang. Selain itu, kandungan antosianin pada blueberry dapat berfungsi sebagai anti-ageing, antioksidan yang meningkatkan produksi vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bayam

Bayam terkenal sebagai makanan Popeye, tokoh kartun yang menjadi kuat setelah makan sayuran ini. Meski kita mungkin tidak akan sehebat Popeye, namun bayam memang memiliki manfaat, salah satunya dalam mendukung tubuh kita untuk awet muda.

Bayam adalah sayuran yang sarat antioksidan, serta mengandung zat sulforaphane, betakaroten, vitamin C, dan fiber, yang dapat memerangi kanker. Dalam penelitian ilmuwan di Australia, bayam juga diketahui dapat meningkatkan ingatan.

Brokoli

Setelah bayam, sayuran lain yang baik untuk mendukung tubuh awet muda adalah brokoli. Selain kaya antioksidan, brokoli juga termasuk rumpun tanaman yang membantu tubuh dalam memerangi racun dan kanker. Untuk mempertahankan enzim-enzim penting dalam brokoli, para ahli nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi brokoli dalam keadaan masih segar (mentah), atau setidaknya dimasak dengan cara dikukus.

Brokoli juga kaya kalsium, sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk mencegah osteoporosis, dan membantu penyerapan vitamin D dalam tubuh.

Salmon

Salmon telah terkenal sebagai makanan dengan banyak khasiat. Selain dipercaya dapat menunjang kesehatan jantung dan melancarkan darah, ikan salmon juga dapat membantu Anda awet muda.

Salmon mengandung asam Omega-3, yaitu zat yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak. Omega-3 juga sangat baik untuk kesehatan, karena fungsinya dalam mengurangi kelebihan berat badan, memperbaiki mood, dan menyehatkan kulit. Karena hal itulah, salmon atau ikan tuna sering menjadi konsumsi orang-orang yang sedang melakukan diet.

Almond

Almond dan salmon mungkin terdengar mirip, tapi tentu berbeda. Jika salmon adalah jenis ikan-ikanan, almond adalah jenis kacang-kacangan. Almond mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kulit, rambut, dan kuku, juga dapat melindungi sel-sel tubuh dari pengaruh radikal bebas melalui polusi udara dan sinar ultraviolet. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi selusin almond setiap hari.

Walnut

Tak jauh beda dengan almond, walnut juga termasuk kacang-kacangan yang mengandung vitamin E. Bahkan, vitamin E merupakan kandungan terbesar yang terdapat pada walnut. Fungsinya adalah untuk menjaga keindahan kulit Anda, sehingga selalu tampak awet muda. Deepshikha Aggarwal, seorang ahli nutrisi, juga menyarankan konsumsi walnut untuk mendapat asupan vitamin E.

Mentimun

Segar karena mengandung banyak air, mentimun sering digunakan sebagai bahan makanan, juga dalam resep kecantikan. Kenyataannya, mentimun memang dapat membantu mengatasi kulit yang kusam dan kering, karena kandungan air dan silika yang terdapat dalam mentimun mampu menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Alpukat

Alpukat tidak hanya enak saat dimakan, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Dalam buah ini terkandung vitamin C, E, dan Omega-3, yang berfungsi dalam mencegah pengeriputan, serta menghaluskan dan mengencangkan kulit. Rutin mengonsumsi alpukat setiap hari bisa membantu Anda memiliki kulit yang bersinar.

Sesame

Deepshikha Aggarwal juga menyarankan untuk mengonsumsi sesame untuk mendapatkan asupan vitamin E, karena makanan ini memiliki kandungan vitamin E yang besar. Selain itu, vitamin E dalam sesame juga mampu menutrisi kulit.

Teh hijau

Jika Anda menginginkan teh yang tidak hanya nikmat namun juga berkhasiat, teh hijau bisa dijadikan pilihan. Teh hijau mengandung kafein dan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh dalam menjaga kesehatan kulit.

Lidah buaya

Tanaman lidah buaya sudah terkenal sebagai bahan berkhasiat untuk kecantikan. Anda bisa memanfaatkan tanaman lidah buaya untuk dibuat jus yang segar. Rutin mengonsumsi jus lidah buaya bisa membantu Anda awet muda. Saran mengonsumsi jus lidah buaya adalah pada pagi hari, ketika perut Anda masih kosong. Atau bisa pula dikonsumsi 20-30 menit sebelum sarapan.

Biji bunga matahari

Selain lidah buaya, biji bunga matahari adalah sumber vitamin E dan selenium yang mampu membantu meremajakan kulit.

Kacang Brazil

Berbeda dengan umumnya kacang-kacangan lain, kacang Brazil mengandung selenium yang kaya. Selenium adalah senyawa yang bergabung dengan vitamin E dalam upaya menghentikan stres dan gangguan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, kacang Brazil juga membantu memperlambat penuaan, karena kandungan lemaknya.

Air minum

Diletakkan di tempat paling akhir, namun bukan yang paling tidak penting. Air minum, bagaimana pun, adalah hal paling penting. Bukan hanya untuk menjaga tubuh awet muda, namun juga untuk memelihara kesehatan sepenuhnya. Rutin mengonsumsi air minum sebanyak 2-3 liter dapat mencegah pengeriputan kulit, sehingga Anda senantiasa terlihat sehat, bugar, dan awet muda.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.