Makanan dan Minuman Terbaik untuk Orang Berusia 40-an

oat

BIBLIOTIKA - Memasuki usia 40-an tahun, kondisi fisik mengalami banyak perubahan. Kulit yang semula kencang dan mulus mulai memunculkan keriput, rambut yang semula lebat mulai mengalami kerontokan bahkan kadang sampai kebotakan, dan tubuh yang semula langsing perlahan-lahan berubah gemuk dengan lemak di sana-sini. Kondisi semacam itu akan lebih tampak pada orang-orang yang kurang menjaga pola hidup sehat dan jarang berolahraga.

Selain perubahan fisik yang terlihat jelas, usia 40-an juga biasa ditandai dengan berbagai keluhan kesehatan, bahkan tidak jarang mulai terserang aneka penyakit “khas” yang biasa dialami orang-orang pada usia itu, semacam kolesterol tinggi, diabetes, arthritis, dan semacamnya. Pada masa-masa itulah, orang biasanya mulai sangat memperhatikan makanan-makanan yang dikonsumsinya, demi menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dianggap sebagai makanan terbaik untuk dikonsumsi orang berusia 40-an tahun. Jika Anda telah memasuki usia 40-an tahun, Anda bisa memasukkan makanan-makanan berikut ini ke dalam menu harian Anda, agar tetap sehat dan bugar.

Oat

Jika Anda mengalami masalah dengan kolesterol, oat bisa dijadikan konsumsi penting. Oat mengandung serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, oat juga memiliki antioksidan yang mencegah pembentukan plak dalam dinding arteri.

Cherry

Di antara buah-buahan yang lain, cherry bisa dijadikan pilihan bagi orang berusia 40-an. Buah ini sangat baik dalam mengatasi beberapa kondisi pada usia paruh baya, semacam encok dan nyeri sendi. Selain itu, cherry juga mengandung antioksidan anthocyanin.

Almond

Almond mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah, dan menurunkan kolesterol. Selain itu, mengonsumsi almond juga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Selain mengandung vitamin E, kacang almond juga membantu menjaga arteri bebas dari masalah berbahaya.

Ikan berlemak

Ikan berlemak, semisal salmon, tuna, sarden, hering, dan semacamnya, memiliki kandungan asam Omega-3 yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko arrhythmia (jantung berdetak tidak teratur). Ikan tuna juga termasuk salah satu sumber protein terbaik tanpa kandungan lemak jenuh. Ikan tuna bisa membantu mencegah menyusutnya otot.

Kemudian, ketika memasuki usia 40-an tahun, kemampuan otak Anda akan menurun. Mengonsumsi ikan salmon dapat membantu mengatasi hal itu, karena kandungan DHA, EPA dan asam lemak Omega-3 dalam ikan salmon membantu mencegah demensia dan Alzheimer.

Kedelai

Kedelai mengandung senyawa isoflavon yang memiliki fungsi menurunkan kolesterol. Pada wanita, kedelai membantu meningkatkan kepadatan tulang, khususnya pada wanita menopause. Sedangkan bagi pria, kedelai dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Tomat

Tomat bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah atau pun matang. Tomat memiliki kandungan likopen yang merupakan antioksidan pencegah kanker. Selain itu, senyawa likopen juga berfungsi melindungi pembuluh darah dari penggumpalan.

Susu

Susu dipercaya dapat menurunkan risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang. Selain itu, susu juga membantu menghambat penurunan massa otot, terutama ketika Anda bertambah tua dan memasuki usia 50-an.

Yoghurt

Selain susu, yoghurt juga baik dikonsumsi karena mengandung kalsium, vitamin A, dan vitamin D yang baik bagi kulit. Karenanya, mengonsumsi yoghurt secara rutin dapat membantu memelihara kesehatan kulit Anda. Selain itu, yoghurt juga rendah lemak.

Susu kedelai

Tak kalah dengan susu sapi, susu kedelai juga baik dikonsumsi, khususnya bagi yang mengalami osteoporosis dan masalah tulang lainnya. Susu kedelai mengandung vitamin A, vitamin B2, vitamin B1, kalsium, dan protein, yang membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Daging ayam

Mengonsumsi daging ayam dengan menghindari bagian lemaknya dapat membantu Anda memperoleh asupan protein yang baik. Protein memiliki fungsi dalam menjaga berat badan dan pembentukan otot.

Biji-bijian

Segala macam biji-bijian memiliki kandungan serat tinggi dan potasium. Gandum murni, misalnya, membantu mengatasi peningkatan tekanan darah, dan mencegah kenaikan berat badan di usia 40-an. Sementara flaxseeds, atau biji flax, sangat baik untuk mengatasi osteoporosis dan kolesterol. Biji-bijian flax juga kaya protein, serat, dan asam lemak Omega-3, yang membantu menghapus garis-garis halus pada kulit, dan menurunkan tingkat kolesterol.

Ubi jalar

Mengonsumsi ubi jalar dapat membantu mencegah diabetes, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Ubi jalar juga mengandung vitamin C yang membantu dalam menyehatkan kulit. Bisa dibilang, ubi jalar adalah makanan sehat yang baik dikonsumsi orang berusia 40-an.

Daging sapi tanpa lemak

Mengonsumsi daging sapi tanpa lemak membantu tubuh mengangkut oksigen dari paru-paru ke berbagai sel dalam tubuh.

Sayuran berdaun hijau

Bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya, memiliki kandungan mineral penting, kalium, magnesium, dan antioksidan lutein. Nutrisi itu membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah, meningkatkan kepadatan mineral tulang, menghindarkan risiko tumor, dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Stroberi

Selain segar untuk dikonsumsi, stroberi juga baik untuk menjaga kesehatan kulit, karena buah ini mengandung antioksidan seperti anthocyanin dan fenol, yang membantu mencegah kerusakan sel.

Anggur merah

Jika antioksidan dalam stroberi baik untuk kesehatan kulit, antioksidan dalam anggur merah membantu mencegah penyumbatan arteri dan menurunkan tingkat kolesterol. Segelas anggur merah juga mengandung khasiat yang sama.

Teh hijau

Mengandung polifenol tinggi, teh hijau memiliki sifat anti-penuaan. Beberapa studi juga membuktikan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat secara efektif membantu mengurangi berat badan bagi mereka yang ingin hidup sehat.

Kacang

Kacang mengandung asam folat, yang membantu menjaga kebutuhan zat besi harian tubuh, dan membentuk sel-sel baru yang sehat.

Blueberry

Buah kecil ini mengandung serat, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Mengonsumsi blueberry secara rutin bisa membantu mencegah berbagai penyakit dari kanker hingga penyakit jantung.

Wortel

Tidak hanya bagus untuk menunjang kesehatan mata, wortel juga baik dalam menjaga kesehatan kulit. Konsumsi wortel secara rutin dapat membantu menghilangkan sel-sel mati pada kulit, juga mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan rheumatoid arthritis.

Apel

Apel adalah buah enak dengan banyak manfaat. Mengonsumsi apel setiap hari bahkan disebut dapat menjauhkan Anda dari dokter. Di antara khasiat apel yang sangat baik untuk orang berusia 40-an adalah membantu tubuh dalam menjauhi berbagai penyakit seperti Alzheimer, Parkinson, dan kanker prostat.

Brokoli

Brokoli memiliki sifat antikanker yang kuat. Selain itu, brokoli juga mengandung kalsium, mangan, kalium, fosfor, dan vitamin A, serta vitamin C.

Ara

Buah ara mengandung kalium, mangan, dan antioksidan lainnya. Nutrisi dalam buah ara membantu menjaga tingkat pH yang tepat dalam tubuh, sambil menurunkan insulin. Karenanya, buah ini pun sangat bagus dikonsumsi penderita.

Kenari

Jika Anda kebetulan vegetarian, dan menjauhi daging semacam ikan, Anda bisa memilih kenari. Tak jauh beda dengan ikan semacam salmon, kenari juga mengandung asam lemak Omega-3 yang membantu menjaga otak Anda tetap aktif di usia 40-an.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.