Makanan dan Minuman Sumber Vitamin B12

telur

BIBLIOTIKA - Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air. Dikenal pula sebagai cobalamin, vitamin B12 menjadi bagian dari delapan jenis vitamin B yang memiliki peran penting dalam fungsi otak dan sistem saraf. Vitamin ini juga meningkatkan jumlah darah dalam tubuh, serta melindungi kita dari kanker. Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang kaya vitamin B12.

Hati

Dalam 100 gram hati hewan terkandung lebih dari 30 mikrogram vitamin B12. Makanan ini juga kaya nutrisi yang sarat vitamin dan mineral, yang membantu menyehatkan pengembangan keseluruhan tubuh.

Daging sapi

Daging dan hati sapi tidak hanya mengandung vitamin B12, namun juga merupakan makanan yang menjadi sumber protein, seng, dan zat besi.

Dada ayam

Di antara bagian lain dari daging ayam, bagian dada ayam adalah sumber yang kaya vitamin B12 dan asam folat, yang bisa menyehatkan jantung serta sistem reproduksi tubuh.

Telur

Telur ayam, khususnya di bagian kuningnya, mengandung sejumlah besar vitamin B12.

Yoghurt

Yoghurt menjadi makanan sehat karena mengandung vitamin B-kompleks riboflavin (vitamin B2), thiamin (vitamin B1) dan cobalamin (vitamin B12). Pilihlah yoghurt rendah lemak atau bebas lemak, karena mengandung lemak yang sedikit serta kaya nutrisi.

Oatmeal

Oatmeal mengandung banyak nutrisi penting dan vitamin, serta menjadi salah satu sumber makanan yang kaya vitamin B12.

Susu


Susu tidak hanya mengandung kalsium, namun juga vitamin yang bagus untuk pertumbuhan tubuh, termasuk vitamin B12.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.