Makanan dan Minuman Pereda Radang Tenggorokan

sup ayam

BIBLIOTIKA - Radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, dan biasanya pula diikuti dengan gejala seperti flu. Ketika itu terjadi, orang bisa merasa sakit ketika berbicara atau menelan sesuatu. Selera makan pun biasanya langsung turun atau bahkan lenyap, karena tenggorokan yang sakit membuat kita tidak berselara makan.

Namun, tentu saja, kita tetap membutuhkan makan untuk menyuplai energi agar tubuh kita bisa tetap bekerja dan berkativitas dengan baik. Karenanya, jika kebetulan terserang radang tenggorokan, kita perlu mengatasinya. Di antara cara alami mengatasi masalah itu adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat mengatasi radang tenggorokan. Makanan dan minuman berikut ini di antaranya.

Pisang

Memiliki tekstur lembut sehingga mudah ditelan, pisang termasuk buah non-asam. Mengonsumsi pisang saat terserang radang tenggorokan tidak akan membuat Anda kesulitan, karena buah ini lembut di tenggorokan. Selain itu, pisang juga kaya vitamin B6, kalium, dan vitamin C.

Sup ayam

Ketika tenggorokan sakit, selera makan mungkin lenyap. Tapi mungkin pula Anda tetap berselera jika mendapati semangkuk sup ayam yang masih panas dan tampak lezat. Kenyataannya, semangkuk sup ayam adalah sarana untuk mengatasi sakit pada tenggorokan, yang mengalahkan antiobiotik.

Sup ayam memiliki sifat anti-inflamasi ringan, dan membantu mengatasi virus yang menyerang selaput lendir. Bahan-bahan yang biasa digunakan dalam sup ayam, semisal wortel, bawang, seledri, lobak, dan bawang putih, semuanya dikenal memiliki kekuatan penyembuhan.

Lemon dan madu

Meminum campuran lemon dan madu bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi sakit pada tenggorokan. Radang yang semula terasa sangat sakit akan berangsur-angsur membaik setelah meminum campuran lemon dan madu, karena campuran tersebut berfungsi mengurangi peradangan. Selain itu, lemon dan madu juga dapat mendinginkan tenggorokan Anda.

Teh jahe dan madu

Selain lemon dan madu, Anda juga bisa mencampurkan teh jahe dan madu untuk mengatasi radang tenggorokan. Bahkan menghirup uap dari cangkir teh jahe dan madu saja sudah dapat membantu melegakan tenggorokan dan dada sesak. Meminum campuran tersebut dapat membantu menenangkan rasa sakit pada tenggorokan yang teriritasi dan gatal.

Sementara itu, madu memiliki fungsi dalam membantu melapisi tenggorokan, dan mencegah iritasi yang merupakan penyebab utama batuk-batuk.

Telur orak arik

Mengonsumsi telur orak arik juga dapat dipilih untuk mengatasi radang tenggorokan. Telur, khususnya putih telur, mengandung protein yang membantu mengatasi radang pada tenggorokan. Jika Anda menggunakan cara ini, pastikan tidak ada tambahan rempah-rempah yang dapat memperburuk rasa sakit.

Oatmeal

Kandungan serat yang tinggi dalam oatmeal bisa membantu menurunkan kolesterol jahat, dan kandungan proteinnya yang tinggi dapat membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama. Dalam hal mengatasi radang tenggorokan, Anda bisa mengonsumsi semangkuk oatmeal panas yang ditambah pisang atau madu. Makanan itu akan membantu Anda merasa lebih nyaman.

Sage

Sage telah dikenal sejak lama sebagai bahan untuk sarana penyembuhan, termasuk sakit tenggorokan. Sage mengandung enzim, flavonoid, dan asam fenolat. Selain itu, sage dapat menambah cita rasa pada makanan atau minuman jika misalnya ditambahkan ke dalam teh atau sup.

Pasta gandum

Menikmati pasta gandum yang lembut adalah alternatif bagus untuk mengatasi radang tenggorokan, khususnya jika dibuat dengan saus rendah lemak. Selain dapat membantu mengatasi radang pada tenggorokan, pasta gandum juga mengandung banyak nutrisi, termasuk serat, zat besi, seng, dan vitamin B1, B2, B3, dan vitamin E.

Wortel rebus

Wortel mentah tentu memiliki tekstur yang keras, sehingga memakannya malah dapat membuat Anda makin merasa sakit. Namun, mengonsumsi wortel yang telah direbus—sehingga teksturnya lebih lembut—bisa membantu mengatasi masalah radang tenggorokan. Wortel juga mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat, dan potasium.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.