Makanan dan Minuman Padat Nutrisi

bayam

BIBLIOTIKA - Idealnya, makanan yang kita konsumsi setiap hari mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, sehingga tubuh kita tidak mengalami kekurangan nutrisi. Namun, karena berbagai penyebab atau alasan, makanan yang kita santap tidak mampu memenuhi semua kebutuhan tersebut. Dalam jangka panjang, kekurangan nutrisi yang sering terjadi akan membawa dampak negatif bagi kesehatan.

Untuk mengatasi kemungkinan semacam itu, Anda bisa menyantap makanan-makanan padat nutrisi berikut ini, untuk “menutup” kekurangan nutrisi yang bisa terjadi dari makanan yang Anda santap setiap hari.

Rumput laut

Selain kaya antioksidan, rumput laut juga mengandung protein dan mineral yang menyehatkan. Karena kenyataan itu, rumput laut pun kini telah dijadikan campuran berbagai makanan. Anda bisa membiasakan diri menikmati rumput laut untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.

Kale

Kale mengandung mineral, vitamin, serat, asam amino, sekaligus antioksidan. Kombinasi nutrisi yang kaya itu dapat menurunkan inflamasi dan mencegah penyakit, yang salah satunya kanker.

Biji rami

Biji rami mudah diolah, serta memiliki rasa yang cukup enak. Selain itu, biji rami bisa menjadi makanan yang menyehatkan, karena mengandung berbagai nutrisi penting, seperti protein, serat, asam lemak, antioksidan, asam amino, vitamin, dan mineral.

Cokelat hitam

Ada cokelat biasa (chocholate) dan cokelat hitam (dark chocholate). Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, Anda bisa memilih cokelat hitam, karena mengandung mineral, vitamin, dan antioksidan.

Brokoli

Brokoli dianggap sebagai sayuran paling menyehatkan, karena mengandung banyak nutrisi yang membantu melancarkan pencernaan, dan menurunkan risiko kanker.

Bayam

Selain brokoli, bayam juga sayuran yang bagus untuk kesehatan, karena kaya protein dan serat yang membantu pembentukan otot tubuh. Sebaiknya pilihlah bayam segar, bukan yang dikemas dalam bentuk kalengan.

Biji chia

Biji-bijian yang berasal dari Meksiko ini merupakan makanan yang biasa dikonsumsi suku Mayan dan Aztec. Biji chia dianggap makanan padat nutrisi, karena mengandung asam lemak omega, protein, dan serat.

Buah beri

Dibanding buah-buahan yang lain, buah beri cenderung lebih rendah gula, namun kaya vitamin, mineral, dan antioksidan pelawan radikal bebas. Karenanya, buah beri pun menjadi buah padat nutrisi, terutama raspberry hitam.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.