Kota-kota dengan Pendidikan Terbaik di Dunia

paris

BIBLIOTIKA - QS World University Rankings melakukan studi yang menghasilkan daftar kota-kota di dunia yang dianggap memiliki atmosfer pendidikan terbaik. Dalam studi yang mereka lakukan, Paris menempati peringkat teratas atau di posisi pertama, diikuti London, Boston, dan Melbourne.

Studi yang dilakukan QS World University Rankings didasarkan pada sejumlah ukuran yang diambil dari informasi publik, survei, dan data yang masuk dalam QS World University Rankings. Ukuran-ukuran yang digunakan dalam studi di antaranya adalah kualitas institusi pendidikan, aktivitas pengajar, populasi, kualitas hidup, daya jangkau pendidikan, dan percampuran mahasiswa.

Berikut ini sepuluh kota yang dinilai memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia.

Paris

Paris, Prancis, telah terkenal sebagai kota bersejarah di dunia, juga populer sebagai kota budaya yang indah. Kenyataannya, Paris adalah kota yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Dalam hal pendidikan, Paris memang tidak memiliki perguruan tinggi yang masuk dalam 30 besar terbaik dunia sebagaimana London atau Boston. Namun, Paris tetap menjadi rujukan dalam hal pendidikan di dunia. Di kota ini ada 16 perguruan tinggi yang masuk dalam daftar 500 terbaik dunia. Selain itu, Paris juga memiliki kenyamanan hidup serta aktivitas akademik dengan nilai tinggi. Yang lebih penting lagi, Paris juga memiliki keterjangkauan pendidikan yang lebih baik dibandingkan kota-kota terkenal lain semisal Boston atau London.

Beberapa perguruan tinggi di Paris, semisal ENS Paris, Ecole Polytechnique, Sciences Po and the Sorbonne, telah menghasilkan banyak filsuf, ilmuwan, juga tokoh-tokoh terkenal dalam 100 tahun terakhir. Belum lagi barisan seniman yang dihasilkannya. Di Paris, mahasiswa bisa mendapatkan pendidikan termaju, dengan ukuran kelas kecil sehingga lebih fokus pada aktivitas belajar, serta biaya pendidikan yang rendah.

London

London, Inggris, merupakan rumah bagi belasan perguruan tinggi yang masuk dalam daftar 500 terbaik dunia. Imperial College London dan University College London bahkan masuk sebagai sepuluh besar perguruan tinggi terbaik dunia, sementara London School of Economics and Political Science (LSE) masuk dalam lima terbaik dunia untuk perguruan tinggi ilmu sosial.

Selain memiliki perguruan-perguruan tinggi yang prestisius, London juga memiliki fasilitas perpustakaan kelas dunia, yang semakin menjadikan kota ini diminati banyak pelajar dari berbagai negara. London juga menawarkan aneka kebudayaan, kreativitas, kehidupan malam, serta kebhinekaan. Sekadar catatan, sepertiga mahasiswa yang belajar di London adalah mahasiswa internasional.

Di luar pendidikan, London menghadapi masalah biaya hidup yang terus merangkak naik. Akibatnya, kebanyakan mahasiswa yang belajar di sana pun umumnya berasal dari kalangan atas. Mungkin biaya hidup yang mahal itu merupakan penyeimbang kualitas pendidikan yang ada di sana.

Boston

Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah perguruan tinggi nomor satu terbaik di dunia, dan perguruan tinggi itu terdapat di Boston, Amerika Serikat. Harvard University, yang menduduki peringkat tiga perguruan tinggi terbaik di dunia, juga ada di Boston. Dua perguruan tinggi hebat itu menjadi daya tarik utama para pelajar dari berbagai negara untuk belajar di Boston. Karenanya, kota ini pun menjadi tempat perpaduan dan percampuran mahasiswa dari berbagai penjuru.

Selain memiliki kampus-kampus hebat, Boston juga menawarkan kualitas hidup yang baik, aktivitas pengajar yang tinggi, khasanah budaya, seni, dan politik, juga ruang-ruang terbuka hijau. Di luar itu, masalah dengan Boston adalah biaya pendidikan yang tinggi, sehingga banyak kalangan yang sulit mengakses perguruan-perguruan tinggi mereka.

Melbourne

Melbourne adalah kota pendidikan nomor satu di Australia. Ada enam perguruan tinggi di Melbourne yang masuk daftar 500 universitas terbaik dunia. Karenanya, kota ini pun menjadi ikon industri pendidikan bagi Australia, serta menjadi pusat tujuan mahasiswa dari berbagai penjuru dunia. Kenyataannya, sepertiga mahasiswa yang kuliah di kota ini adalah warga asing.

Selain kualitas pendidikan yang diakui dunia, Melbourne juga menawarkan kenyamanan hidup. Kota ini hanya dihuni sekitar 4 juta jiwa, sementara mahasiswa yang belajar di sana berjumlah sekitar 180 ribu orang. Dengan populasi penduduk yang tidak terlalu padat, Melbourne adalah sebuah kota yang tenang dan nyaman.

Wina

Wina, Austria, adalah tempat bagi dua perguruan tinggi yang masuk dalam daftar 500 perguruan tinggi terbaik di dunia, yaitu Universität Wien dan Technische Universität Wien. Selain memiliki kampus bergengsi, Wina juga menawarkan kekayaan kultural, kualitas hidup yang baik, juga biaya pendidikan yang relatif rendah.

Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, ibukota Austria itu pun menjadi salah satu tujuan belajar para mahasiswa dari berbagai negara. Wina bahkan dianggap sebagai kota yang ideal untuk pelajar, karena menawarkan kualitas hidup yang sangat baik untuk pelajar. QS World University Rankings memberi nilai 99,5 untuk kualitas hidup di Wina.

Sydney

Selain Wina, Australia juga memiliki kota lain yang terkenal sebagai kota dengan pendidikan terbaik, yaitu Sydney. Di kota ini terdapat dua perguruan tinggi yang masuk daftar 100 terbaik dunia, yaitu University of Sydney dan University of New South Wales. Karenanya, sebagaimana Wina, Sydney juga memiliki konsentrasi pelajar asing dalam jumlah besar.

Jika Melbourne dianggap sebagai ibukota budaya, maka Sydney adalah ibukota keuangan dan ekonomi bagi Australia. Dengan pemandangan Pelabuhan Sydney yang menawan serta taman-taman indah, Sydney adalah salah satu kota paling eksotik bagi pelajar di seluruh dunia. Kualitas hidup di sana pun dinilai baik dan berkualitas, meski keterjangkauan pendidikan di sana relatif sulit karena biayanya yang mahal.

Zurich

QS World University Rankings memberi nilai 99 untuk aktivitas belajar mengajar di Zurich, Swiss. Faktanya, di kota ini terdapat Swiss Federal Institute of Technology, perguruan tinggi terbaik dunia di luar Amerika Serikat dan Inggris. Selain itu, Zurich juga terkenal karena kemakmuran, ketertiban, serta pajak yang rendah. Satu-satunya masalah di Zurich barangkali hanya biaya hidup yang mahal.

Berlin

Dalam dekade-dekade terakhir, Berlin memiliki berbagai perayaan budaya, desain, fashion, musik, dan seni, yang setara dengan New York dan London. Karenanya, Berlin pun dianggap sebagai salah satu kota yang menawan, tidak hanya bagi Jerman, namun juga bagi dunia. Selain itu, Berlin memiliki dua perguruan tinggi yang masuk jajaran 150 terbaik dunia, yakni Freie Universität Berlin dan Humboldt-Universität zu Berlin.

Meski telah menjadi ibukota keuangan global, biaya hidup di Berlin masih relatif terjangkau bagi para pelajar internasional. Berlin mengombinasikan biaya perumahan yang murah dengan biaya pendidikan yang rendah. Dengan kualitas hidup yang baik, terjangkau, atmosfir liberal dan banyaknya kegiatan, Berlin pun menjadi tujuan bagi mahasiswa internasional.

Dublin

Di Dublin, Irlandia, ada Ada Trinity College Dublin dan University College Dublin yang masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik dunia. Sejumlah tokoh besar dari berbagai disiplin ilmu pernah lahir di kota ini, di antaranya Samuel Beckett, James Joyce, dan Oscar Wilde.

Dublin telah menjadi kota pendidikan dengan kualitas hidup yang tinggi, tempat mahasiswa dari berbagai negara belajar di sana. Faktanya, Dublin memiliki konsentrasi tinggi mahasiswa dan rasio tinggi mahasiswa internasional. Kota ini mengombinasikan fasilitas pendidikan dan suasana bersejarah di sekelilingnya. Satu-satunya masalah di kota ini mungkin hanya biaya pendidikan yang mahal.

Montreal

McGill University, yang masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik dunia, berada di Montreal, Kanada. Selain itu, ada beberapa perguruan tinggi lain yang juga terkenal di sana. Yang menarik, meski termasuk sepuluh besar dalam daftar kota dengan pendidikan terbaik dunia, biaya hidup di Montreal tergolong murah, bahkan paling murah dibanding kota-kota lain.

Selain menawarkan kualitas pendidikan yang baik, Montreal juga memiliki kualitas hidup yang baik. Kota ini sering disebut ibukota budaya Kanada, dan termasuk kota paling nyaman di dunia. Kemudian, campuran kebudayaan Inggris dan Prancis yang ada di sana menjadikan Montreal dinobatkan UNESCO sebagai satu dari tiga ibukota dunia.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.