Kiat-kiat Belanja Hemat

belanja hemat

BIBLIOTIKA - Biasanya, kalau pas tanggal muda, saat baru saja menerima gaji, banyak orang yang lupa diri. Apalagi saat mereka sudah berada di mall atau swalayan dan melihat aneka barang yang dipajang, mereka pun jadi seperti lupa segalanya hingga tanpa sadar uang hasil kerja sebulan pun ludes dalam waktu singkat.

Keadaan semacam itu tentu perlu diatasi karena bisa saja ada keperluan-keperluan penting lain yang datang menyusul saat kita sudah kehabisan uang. Berikut ini sedikit kiat hemat belanja:

Sebelum berangkat ke mall atau swalayan, tulis dan daftarlah barang yang Anda butuhkan dan akan Anda beli.

Buatlah anggaran harga barang. Misalnya kalau bulan kemarin barang yang Anda beli seharga lima ribu, siapkan anggaran sebesar enam ribu untuk mengantisipasi agar tidak kekurangan dana.

Sesampai di mall atau swalayan, ambillah barang-barang yang utama dulu, yang benar-benar Anda butuhkan, baru kemudian Anda bisa melirik barang-barang lain yang tidak begitu Anda butuhkan.

Mengajak kawan saat berbelanja memang tidak masalah, tapi usahakan agar tidak terpengaruh jika kawan yang Anda ajak itu berbelanja dalam jumlah banyak.

Bila berbelanja di suasana ramai

Sumpek saat berbelanja, tentu membuat kegiatan belanja Anda menjadi kurang menyenangkan. Karena itu, Anda butuh kenyamanan berbelanja. Apapun gaya belanja Anda, kenyamanan merupakan faktor penting yang mempengaruhi keputusan Anda berbelanja di sebuah pusat belanja. Agar Anda nyaman berbelanja dalam suasana seramai apapun, berikut tips sederhana yang bisa dipakai:

Bila belanja untuk diri sendiri:
  1. Jangan tergoda untuk membeli barang obralan kalau memang tidak diperlukan.
  2. Sebelum berbelanja pakaian, sempatkan diri memeriksa isi lemari pakaian. Coba ingat warna dan model baju yang ada, supaya baju yang akan dibeli nanti bisa melengkapi yang ada.
  3. Jangan membeli barang hanya karena sedang tren.
  4. Selalu mencoba barang yang akan dibeli. Jangan percaya begitu saja pada ukuran yang tertera.

Bila belanja untuk orang lain:
  1. Ingat kegemaran seseorang, dan carilah hadiah yang berhubungan dengan itu.
  2. Jangan membeli barang mahal. Pilihlah yang unik dan berguna.
  3. Jagan beli hadiah barang obral. Lebih baik buat sendiri, atau beri hadiah bantuan yang diperlukan.
  4. Untuk keponakan, jadilah bibi atau om teladan dengan mengajak mereka bermain. Ini lebih bermanfaat daripada memberi hadiah mahal tapi tak mendidik.

Cara bijak berbelanja

Berbelanja itu mudah, namun karena mudahnya, kita pun seringkali tidak bijak dalam berbelanja. Berikut ini adalah tips yang bisa diikuti untuk dapat bijak dalam berbelanja.

Belilah barang yang walaupun lebih mahal sedikit tapi mempunyai kualitas barang yang bagus dan tahan lama dibandingkan dengan yang berharga murah tapi cepat rusak. Tentunya ini merupakan keuntungan bagi Anda dan tidak perlu membeli barang serupa dua kali.

Hati-hati terhadap barang bermerek yang diobral murah. Mungkin ada kerusakan atau cacat. Misalnya, pada produk pakaian ada kancing yang lepas, jahitan yang rusak, kain robek, kotor dan sebagainya. Sering, karena murah, kita langsung membeli tanpa mencoba dan mengeceknya terlebih dulu, dan setelah di rumah baru menyesal.

Jika membeli barang, khususnya pakaian, perhatikan lebih seksama lagi. Di toko pakaian, lampu yang dipasang sengaja yang bercahaya bagus sehingga berpengaruh pula pada image barang. Cahaya lampu yang bagus membuat warna pakaian nampak lebih bagus pula. Cari tempat yang agak menjauh dari lampu tapi kita masih dapat memperhatikan.

Apabila ada kesempatan untuk mencoba barang (peralatan atau pakaian), itu lebih baik Anda lakukan demi kepuasan agar tidak menyesal nantinya.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.