Kelabang-kelabang Terbesar di Dunia

kelabang galapagos

BIBLIOTIKA - Kelabang atau lipan (centipede) adalah hewan arthropoda yang tergolong dari kelas Chilopoda dan filum Myriapoda. Kelabang adalah hewan metameric yang memiliki sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya. Hewan ini tergolong hewan yang berbisa, dan termasuk hewan nokturnal. Berikut ini adalah jenis-jenis kelabang terbesar, yang mungkin belum pernah kita bayangkan.

Kelabang Galapagos

Kelabang Galapagos (Scolopendra Galapagoensis) dianggap sebagai kelabang raksasa, karena memiliki panjang 30 sampai 46 sentimeter. Kelabang berwarna hitam ini juga pernah ditemukan dengan panjang mencapai 62 sentimeter. Habitat penyebarannya meliputi kepulauan Galapagos, daerah pesisir Ekuador, Peru Selatan, dan kepulauan Cook.

Kelabang Peru

Kelabang Peru (Scolopendra Caribiaenensis) memiliki ukuran panjang 41 sampai 42 sentimeter. Habitat penyebarannya meliputi Karibia, Amerika Selatan, Peru, Ekuador, Brazil, dan sungai Amazon.

Kelabang Amazon

Kelabang Amazon (Scolopendra gigantea Robusta) dijuluki kelabang raksasa Amazon. Hewan ini memiliki panjang 25 sampai 30 sentimeter. Umumnya berwarna merah, dan kadang ditemukan memiliki panjang hingga 44 sentimeter. Habitat penyebarannya meliputi Brazil, Ekuador, Peru, dan Amazon.

Kelabang Vietnam

Kelabang Vietnam (Scolopendra subspinipes) memiliki panjang 18 sampai 25 sentimeter. Habitat penyebarannya hanya terbatas di hutan hujan Vietnam.

Kelabang Puerto Rico

Kelabang Puerto Rico (Scolopendra sp.cf.crudelis) memiliki panjang 20 sampai 25 sentimeter, dan merupakan kelabang raksasa di Puerto Rico. Habitat penyebarannya meliputi Karibia, Puerto Rico, Haiti, dan Amerika Selatan.

Kelabang Malaysia

Kelabang Malaysia (Scolopendra subspinipes ssp.) memiliki panjang antara 18 sampai 20 sentimeter. Habitat penyebarannya meliputi Malaysia dan Indonesia.

Kelabang Pasifik

Kelabang Pasifik (Scolopendra subspinipes dehaani), memiliki panjang antara 16 sampai 20 sentimeter. Habitat penyebarannya meliputi negara-negara barat dan wilayah Pasifik. Di wilayah kepulauan Solomon, kelabang jenis ini mampu tumbuh dengan panjang lebih dari 20 sentimeter.

Kelabang Amerika Utara

Kelabang Amerika Utara (Scolopendra heros) memiliki panjang antara 18 sampai 20 sentimeter. Habitat penyebarannya di Amerika Utara, biasanya di daerah yang memiliki suhu tinggi.

Kelabang Cina

Kelabang Cina (Scolopendra subspinipes subspinipes) memiliki panjang antara 14 sampai 20 sentimeter. Habitat penyebarannya meliputi wilayah subtropis Cina selatan, dan sering disebut naga merah, karena kelabang ini memiliki tubuh berwarna merah.

Kelabang Jepang

Kelabang Jepang (Scolopendra subspinipes mutilans) memiliki panjang rata-rata 20 sentimeter. Habitat penyebarannya meliputi Jepang dan Cina.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.