Jenis Kupu-kupu Unik yang Langka

kupu-kupu transparan

BIBLIOTIKA - Tidak seperti hewan lain yang berasal dari telur atau dilahirkan oleh induknya, kupu-kupu hidup dari ulat yang bermetamorfosa. Hal itu menjadikan sayap kupu-kupu selalu berbeda warna-warninya, tergantung asal ulatnya. Dalam hal ini, satu ulat selalu berbeda dengan ulat lainnya, sehingga dapat dikatakan tidak ada dua kupu-kupu yang memiliki sayap kembar.

Selain warna-warninya, jenis sayap yang dimiliki kupu-kupu juga terkadang aneh dan unik. Di antara banyak kupu-kupu, berikut ini beberapa kupu-kupu yang memiliki jenis sayap aneh, unik, sekaligus langka.

Kupu-kupu transparan

Disebut Glasswing Butterfly atau Greta Oto, kupu-kupu ini memiliki sayap yang transparan, sehingga urat-urat pada sayapnya terlihat seperti tampak pada kaca. Kupu-kupu unik ini dapat ditemukan di seluruh Amerika Tengah hingga Meksiko.

Kupu-kupu daun

Ketika sayap mereka terentang atau mengembang, sayap kupu-kupu ini memiliki warna-warni yang beragam, namun umumnya menyerupai warna dan bentuk seperti daun. Ketika sayapnya melipat, sayap itu akan terlihat seperti daun jatuh—kadang-kadang berwarna hijau, kadang cokelat. Kupu-kupu ini hidup di hutan di Asia Selatan, Madagaskar, dan India.

Kupu-kupu 88

Disebut kupu-kupu 88 karena desain garis dan titik pada sayapnya menyerupai bentuk angka 88—sesuatu yang jarang terlihat pada kupu-kupu lainnya. Kupu-kupu yang bernama Latin Diaethria Neglecta ini dapat ditemukan di Pantanal, Brazil.

Kupu-kupu burung hantu

Dinamai kupu-kupu burung hantu, karena sayap kupu-kupu ini memiliki corak berbentuk bulat, dan menyerupai mata burung hantu. Selain itu, kupu-kupu ini juga memiliki sayap yang lebar. Bentang sayapnya mencapai 8 inci, sehingga kadang juga disebut kupu-kupu burung hantu raksasa.

Karena sayapnya yang amat lebar, kupu-kupu itu pun hanya dapat terbang dalam jarak pendek. Ada sekitar 20 spesies kupu-kupu ini yang bisa ditemukan di hutan hujan Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan, dan kupu-kupu ini biasanya ditemukan di bawah pohon.

Kupu-kupu ratu Alexandra

Kupu-kupu ini hidup di hutan tropis, dan dapat ditemukan di bagian utara Papua Nugini. Ketika masih berbentuk ulat, ia biasanya memakan tanaman yang beracun, sehingga ketika bermetamorfosa menjadi kupu-kupu, ia pun menjadi hewan beracun yang dapat membunuh pemangsanya.

Yang menakjubkan, kupu-kupu ini memiliki sayap yang lebarnya dapat mencapai 30 sentimeter, sehingga menjadi kupu-kupu terbesar di dunia.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.