Jenis Kupu-kupu Menakjubkan di Dunia

kupu-kupu red lacewing

BIBLIOTIKA - Ciri paling mencolok kupu-kupu adalah keindahannya. Makhluk kecil itu memiliki sepasang sayap indah berwarna-warni, dan biasa beterbangan di antara bunga-bunga. Siapa pun pasti setuju kalau sayap kupu-kupu memang indah. Dan berikut ini adalah jenis-jenis kupu-kupu yang dianggap paling indah di antara yang terindah.

Purple spotted swallowtail

Berasal dari keluarga Papilionidae, kupu-kupu yang terkenal indah ini termasuk jenis kupu-kupu yang langka, karena habitatnya yang semakin terancam. Kupu-kupu Purple spotted swallowtail hanya dapat ditemukan di dataran tinggi Papua Nugini.

Red lacewing

Berbeda dengan Purple spotted swallowtail yang mulai langka, kupu-kupu jenis Red lacewing masih cukup banyak terdapat di Filipina, India, Nepal, Cina, dan Indonesia. Kupu-kupu ini memiliki warna yang mencolok dengan pola yang kompleks, sehingga sepasang sayapnya laksana lukisan berkarya seni tinggi.

Blue morpho

Seperti namanya, kupu-kupu Blue morpho memiliki warna khas biru metalik. Tidak seperti warna kupu-kupu lain, Blue morpho memiliki warna yang mengkilap, sehingga tampak berkilau di bawah terpaan sinar matahari.

Yang lebih menakjubkan, sayap kupu-kupu ini dapat mencapai lebar hingga 8 inci. Kupu-kupu yang sangat indah ini hanya dapat ditemukan di daerah Amerika tengah dan selatan, serta di Meksiko.

Leopard lacewing

Dianggap sebagai kupu-kupu paling indah di wilayah timur, kupu-kupu Leopard lacewing memiliki warna yang sangat mencolok, dengan sayap cerah, serta pola yang sangat unik. Jenis kupu-kupu ini dapat ditemukan di India, Cina, Malaysia, dan Singapura.

Peacock butterfly

Jika Leopard lacewing dianggap sebagai kupu-kupu terindah di wilayah timur, Peacock butterfly dianggap sebagai kupu-kupu terindah di wilayah Eropa. Kupu-kupu ini memiliki sepasang sayap dengan pola yang sangat artistik, sehingga penampilannya tampak sangat elegan.

Warna dasar sayapnya merah berkarat, dengan ujung sayap dihiasi motif yang indah. Kupu-kupu ini dapat ditemukan di Eropa dan di daerah beriklim sedang di Asia.

Australian painted lady

Di wilayah gurun Australia, terdapat jenis kupu-kupu yang sangat indah, yang disebut Australian painted lady. Selain di sana, kupu-kupu ini juga dapat ditemukan di New Zealand.

Hewan-hewan kecil bersayap indah itu biasanya melakukan migrasi ke selatan dalam jumlah besar, dari negara-negara bagian utara seperti Queensland dan New South Wales. Migrasi itu memberikan pemandangan yang luar biasa dari ribuan makhluk hidup dengan warna yang cerah dan bermotif unik.

Monarch butterfly

Sayap kupu-kupu ini bisa terbentang hingga sepanjang 4 inci, dengan warna seperti jeruk berpola hitam indah. Kupu-kupu yang disebut Monarch butterfly ini hidup di Amerika Utara, dan pada musim dingin biasa bermigrasi ke selatan, lalu kembali ke utara di musim panas. Ketika serombongan kupu-kupu ini melakukan migrasi, yang tampak bagaikan lukisan indah yang melayang di udara.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.