Jenis-jenis Ras Kucing Paling Terkenal

kucing persia

BIBLIOTIKA - Kucing adalah hewan peliharaan paling populer di dunia. Kucing telah hidup bersama dengan manusia setidaknya selama 9.500 tahun, dan hewan ini dianggap relatif aman untuk dipelihara. Selain itu, memelihara kucing juga tidak memerlukan perawatan yang sulit atau mahal. Kucing hanya membutuhkan makanan yang cukup dan rutin, serta tempat yang terlindung.

Berikut ini jenis-jenis ras kucing paling terkenal di dunia, yang perlu kita tahu.

Persian cat

Persian cat atau kucing Persia memiliki wajah bulat dan moncong pendek, dengan bulu-bulu panjang. Sebagaimana namanya, kucing ini berasal dari Persia, dan merupakan salah satu ras paling tua sekaligus paling terkenal di dunia.

Pada akhir abad ke-19, ras kucing ini dikembangkan pertama kali di Inggris, terutama oleh peternak Amerika setelah Perang Dunia II. Meski kucing ini memiliki harga yang tinggi sekaligus perawatan dan peliharaan yang cukup, namun penampilan cantik kucing ini memikat banyak orang.

Kucing Persia memiliki bulu-bulu lebat yang kadang sampai tumbuh hingga sepanjang 3 inci, dan hal itu menjadikan kucing ini sangat indah. Untuk perawatan dan pemeliharaan, kucing Persia membutuhkan lingkungan yang aman dan nyaman.

Siamese cat

Siamese cat atau kucing siam adalah salah satu anggota kucing Oriental breeds. Asal kucing ini tidak diketahui, namun diyakini berasal dari Asia Tenggara. Kucing cantik ini memiliki tubuh yang ramping dan berotot, kepala berbentuk segitiga dengan moncong yang tipis, dan penampilan keseluruhannya tampak elegan. Matanya berbentuk seperti buah almond, sementara bulu-bulunya pendek, halus, lembut, dan melingkupi seluruh bagian tubuh.

Kucing ini seperti menyadari penampilannya yang rupawan, dan ia selalu suka menjadi pusat perhatian. Mereka memiliki suara yang terdengar seperti serak, dan selalu senang jika diajak bercakap-cakap. Dianggap sebagai kucing yang cerdas, siamese cat sangat senang dibelai, dan sangat setia pada tuannya.

The maine coon cat

Seperti namanya, Maine Coon benar-benar kucing “bule”, dalam arti memiliki penampilan yang tegap, dengan struktur tulang yang besar dan bentuk tubuh persegi. Hewan ini memiliki bulu-bulu yang panjang di sekujur tubuhnya, dan memiliki berbagai warna yang beragam tergantung spesiesnya. Di antara kucing lain, Maine Coon adalah salah satu jenis kucing yang paling banyak di dunia.

Kucing Maine Coon jantan rata-rata memiliki berat tubuh antara 12 sampai 18 pon, sementara yang betina memiliki bobot antara 10 sampai 14 pon. Mereka kuat namun lembut, dan tidak memerlukan banyak perawatan sebagaimana halnya kucing Persia.

Abyssinian cat

Abyssinian cat atau kucing Abissinia adalah salah satu kucing yang banyak dipelihara di Amerika Serikat. Kucing ini tidak jelas asal-usulnya, namun dipercaya berasal dari Mesir.

Berbeda dengan jenis kucing-kucing lainnya, Abyssinian cat memiliki bulu-bulu tubuh yang istimewa, karena setiap rambut pada bulunya memiliki tiga hingga empat warna. Bulunya cukup panjang sekaligus padat, dan tubuhnya pun terasa sangat lembut jika disentuh. Mereka sangat aktif sekaligus lucu, sehingga menjadi salah satu ras kucing paling populer di dunia.

Ragdoll cat

Ragdoll cat pertama kali dikembangkan di Amerika oleh peternak kucing terkenal, Ann Baker. Nama “Ragdoll” diambil dari ciri kucing ini yang terasa lembut dan lentur ketika diangkat atau digendong.

Kucing ini memiliki bentuk tubuh yang kokoh, dengan kaki yang cukup besar namun proporsional. Sepasang matanya berwarna biru, dengan bulu-bulu yang lembut sekaligus halus. Kucing ini juga sangat jinak serta menyenangkan, sehingga menjadi salah satu ras kucing yang banyak dipelihara.

Hanya saja, kucing ini kurang mampu melindungi dirinya sendiri, misal dari serangan hewan lain, sehingga pemeliharanya harus waspada jika ia sampai keluar rumah.

Exotic cat

Kadang pula disebut Exotic Shorthair, kucing ini memiliki penampilan yang mirip dengan kucing Persia. Mereka suka bermain-main dengan tuannya, meski cenderung pendiam atau jarang sekali memperdengarkan suara.

Bila berkumpul dengan sesama kucing, Exotic Cat akan terlihat ramah serta penuh kasih sayang. Namun, meski begitu, kucing ini juga lincah ketika mengejar tikus. Mereka memiliki kelenturan tubuh serta vitalitas yang energik, sekaligus kelembutan bulu-bulu yang menyenangkan untuk dibelai.

Savannah cat

Savannah cat atau kucing savana adalah salah ras kucing terbesar dalam jenis kucing peliharaan. Dipercaya, kucing ini merupakan hasil perkawinan silang antara kucing serval dan kucing domestik, sehingga diberi nama kucing savana—karena kedua induknya biasa bermain-main di padang rumput atau savana.

Kucing ini memiliki ciri khas yang mirip anjing, yaitu suka mengikuti tuannya ke mana saja. Penampilannya juga sangat ramah, dan mudah akrab dengan hewan lain (sesama kucing). Meski ramah terhadap sesama kucing, namun hewan ini tidak mudah akrab dengan orang asing. Ketika bertemu dengan orang yang belum dikenal atau belum pernah dilihatnya, kucing ini akan mengeluarkan suara menggeram.

Yang unik, mereka juga dapat dilatih keterampilan tertentu, semisal menjemput tuannya, atau membuka/menutup pintu lemari. Selain itu, berbeda dengan kebanyakan kucing lain, kucing savana tidak takut air. Pemilik kucing ini bahkan sering mandi bersama si kucing dengan gembira.

Burmese cat

Sebagaimana namanya, Burmese cat atau kucing Burma merupakan ras kucing dari Burma. Mereka memiliki bulu-bulu kuning atau keemasan, dengan mata berwarna biru. Di Amerika, ras kucing ini sering dikawinsilangkan dengan ras kucing siam, dan menghasilkan anak-anak kucing yang memiliki mata berwarna biru atau hijau.

Bulu-bulu kucing Burma pendek-pendek, sehingga tidak terlalu membutuhkan perawatan yang rumit. Selain itu, kucing ini juga “cerewet” atau sering memperdengarkan suara kucing, sebagaimana umumnya kucing siam. Sama pula seperti kucing siam, kucing Burma sangat setia pada tuannya.

Manx cat

Manx dikenal sebagai kucing yang memiliki ciri khas paling unik, yaitu ekornya sangat pendek. Ukuran ekor yang dianggap sangat pendek itu dipercaya sebagai mutasi genetik, dan kucing Manx pun dikenal sebagai kucing berekor pendek.

Kucing ini adalah pemburu yang terampil, dan mereka dapat menghadapi mangsa yang lebih besar. Karena kemampuannya dalam hal tersebut, kucing Manx sering dicari orang-orang yang sedang mengalami masalah hewan pengerat. Jika rumah ditinggali kucing Manx, maka hampir bisa dipastikan rumah itu akan terbebas dari tikus.

Kedua kaki belakang kucing ini lebih panjang dari kaki bagian depannya, dan hal itu menciptakan sebuah lengkungan yang bersinambungan dari bahu ke pantat, dan memberikan penampilan yang tampak bulat. Mereka memiliki warna bermacam-macam, dengan sepasang mata yang ekspresif sekaligus lucu.

Sphynx cat

Disebut pula sebagai kucing Kanada Meksiko, kucing bermata besar ini memiliki ciri khas berupa sedikitnya bulu yang dimiliki. Hewan ini berbulu, namun—jika dibandingkan ras kucing lain—bulunya sangat sedikit dan pendek-pendek atau tipis. Karenanya, kucing ini pun akan selalu terasa hangat ketika disentuh atau dipeluk. Orang-orang yang memelihara kucing Sphynx terkadang tidur bersamanya dalam satu selimut.

Selain berbulu tipis, bulu kucing ini juga memiliki pola-pola tertentu, ada yang berupa titik-titik, belang, dan lain-lain. Karena kurangnya bulu pada tubuh mereka, kucing Sphynx tidak membutuhkan perawatan yang macam-macam karena jarang kotor. Mereka dikenal sebagai hewan ekstrover, berenergi, cerdas, dan setia pada tuannya.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.