Jenis-jenis Hiu Terbesar di Dunia

great while shark

BIBLIOTIKA - Tidak semua hiu memiliki sifat ganas. Di antara 360 spesies hiu, beberapa dari mereka memang predator atau pemangsa, namun ada yang benar-benar jinak. Ukuran mereka pun bervariasi, ada yang besar, ada yang kecil. Menyangkut ukuran, berikut ini adalah jenis-jenis hiu yang dianggap paling besar di dunia.

Whale Shark

Hiu paus atau Rhincodon typus adalah hiu terbesar yang hidup di planet ini. Ia dapat tumbuh hingga sepanjang 41 kaki, dengan berat mencapai 15 ton. Namun, meski ukurannya sangat besar, hiu ini bukanlah hiu pemangsa. Mereka bahkan termasuk hiu yang berjalan lambat, dan hanya memakan phytoplankton, atau hewan kecil yang hidup di laut.

Sama seperti hiu lainnya, hiu ini pun dapat ditemukan di sekitar laut khatulistiwa dan perairan yang hangat. Spesies yang berasal dari kehidupan 60 juta tahun lalu ini mampu hidup hingga 70 tahun.

Basking Shark


Hiu basking atau Cetorhinus maximus adalah hiu yang sangat besar, karena panjangnya mencapai 40 kaki, dengan berat hingga 19 ton. Namun, sebagaimana hiu paus, hiu basking juga bukan hewan pemangsa. Ia hiu yang berjalan lambat, dan memakan makhluk-makhluk kecil di lautan.

Great White Shark

Selain memiliki ukuran tubuh besar, hiu ini juga dianggap sebagai salah satu hiu terganas di dunia. Great white shark atau Carcharodon carcharias dapat tumbuh hingga sepanjang 26,2 kaki dengan berat hingga 2.267 kilogram. Hiu great white adalah hiu terakhir dari jenis spesies Carcharodon, dan dapat ditemukan di dekat pantai di semua lautan.

Tiger Shark

Hiu macan atau Galeocerdo cuvier dapat tumbuh hingga sepanjang 24,3 kaki dan berbobot 907 kilogram. Sebagaimana hiu great white, hiu ini juga merupakan predator yang ganas. Mereka tidak hanya memakan semua jenis kehidupan laut, tetapi juga menyerang manusia. Hiu ini biasanya hidup di daerah perairan khatulistiwa, namun lebih cenderung di sekitar perairan Pasifik.

Pacific Sleeper Shark

Hiu Pacific sleeper atau Somniosus pacificus dapat tumbuh sepanjang 23 kaki, dengan berat mencapai 362 kilogram. Yang menarik dari hiu ini adalah karena mereka merupakan satu di antara sedikit jenis hiu yang ditemukan di daerah bertemperatur rendah (daerah menghadap kutub). Selain itu, mereka juga biasanya hidup di laut dalam, dengan kedalaman hingga 6.500 kaki di bawah permukaan laut.

Greenland Shark

Nama Latin hewan ini adalah Somniosus microcephalus, namun ia memiliki banyak nama selain greenland shark. Ia kadang disebut sleeper shark, gurry shark, ground shark, grey shark, atau inuit eqalussuaq.

Hiu besar yang dapat tumbuh hingga sepanjang 21 kaki ini bisa ditemukan di sekitar perairan Atlantik Utara, khususnya di dekat Greenland dan Iceland. Yang menakjubkan, mereka dapat hidup hingga 200 tahun. Karena itulah, mereka pun terkenal sebagai hewan bertulang punggung yang hidup paling lama.

Hiu ini biasa hidup di kedalaman 6.600 kaki di bawah permukaan laut, namun pernah tertangkap kamera di laut dangkal serendah 24 kaki.

Great Hammerhead Shark

Great hammerhead atau Sphyma mokarran dapat tumbuh sepanjang 20 kaki, dan dapat ditemukan di seluruh dunia. Hiu ini dianggap pemalu dibanding hiu-hiu lainnya, karena lebih suka menghindari manusia.

Hiu great hammerhead terbesar yang pernah ditangkap manusia adalah jenis betina dengan berat 580 kilogram.

Bigeye Thresher Shark

Hiu bigeye thresher atau Alopias superciliosus memiliki ciri khas berwarna abu keunguan, dan dapat tumbuh sepanjang 15,1 kaki, dengan bobot mencapai 360 kilogram. Hiu ini dapat ditemukan di daerah laut khatulistiwa, dan biasanya hidup di kedalaman 1.650 kaki di dasar laut.

Thresher Shark

Tak jauh beda dengan bigeye thresher shark, hiu ini juga keturunan hiu besar yang dapat tumbuh hingga sepanjang 18 kaki. Hiu yang hidup di perairan khatulistiwa ini sering kali terlihat lebih ramping jika dibanding hiu-hiu lain, namun bobotnya dapat mencapai 498 kilogram.

Bluntnose Sixgill Shark

Hiu bluntnose sixgill atau Hexanchus griseus dikenal pula dengan sebutan hiu sapi. Warna jenis hiu ini bervariasi, dari warna cokelat hingga mendekati hitam. Hiu ini dapat tumbuh hingga sepanjang 15,8 kaki, namun yang lebih besar dari itu pernah terlihat. Hiu bluntnose sixgill adalah jenis dari famili Hexanchidae, namun kebanyakan jenis saudara hiu ini sudah punah.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.