Ikan-ikan Tercantik di Dunia

Mandarin fish

BIBLIOTIKA - Ikan adalah salah satu hewan yang biasa dipelihara, dan umumnya ikan peliharaan atau ikan hias memiliki bentuk dan warna-warni yang indah. Orang-orang biasa memelihara ikan di akuarium atau kolam ikan khusus, untuk dinikmati keindahannya. Ikan koi, misalnya, adalah ikan yang banyak dipelihara di kolam-kolam. Saat dilihat dari atas kolam, gerombolan ikan koi yang bergerak-gerak dalam air tampak sangat indah.

Ikan koi memang dianggap sebagai satu di antara sepuluh ikan paling cantik di dunia. Selain koi, ikan lain yang juga dianggap cantik adalah mandarinfish, discus, lionfish, hingga coral beauty. Berikut ini uraiannya.

Mandarinfish

Mandarinfish memiliki warna-warni yang cerah. Ketika mereka berenang-renang di dalam air, yang tampak seperti deretan pelangi indah bergerak-gerak. Ada dua varietas mandarinfish, yaitu mandarinfish standar dan Psychedelic mandarin. Mandarinfish standar memiliki pola dan warna yang lebih bagus dan variatif dibanding yang Psychedelic.

Harga per ekor ikan cantik ini sekitar 20 dolar—cukup murah untuk ikan secantik mereka. Namun, yang cukup menjadi masalah adalah makanannya. Mandarinfish hanya memakan mikro-invertebrata yang hidup di bebatuan koral. Karenanya, untuk memeliharanya di dalam akuarium atau kolam ikan di rumah, kita perlu memiliki bebatuan koral yang cukup untuk diletakkan dalam akuarium atau kolam, sehingga ikan-ikan tersebut bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Discus

Discus adalah spesies ikan air tawar, dan dianggap sebagai ikan air tawar tercantik. Sama seperti mandarinfish, discus juga memiliki warna-warni yang cerah. Harga per ekornya cukup mahal, meski harga tersebut berbeda-beda di banyak lokasi. Sebagai ilustrasi, anakan discus yang panjangnya sekitar 3 inci rata-rata dibandrol dengan harga 50 sampai 80 dolar.

Lionfish

Disebut pula zebrafish, ikan ini memiliki tampilan yang indah dengan kulit berwarna-warni, namun memiliki racun yang terletak di tulang belakangnya. Ketika menyengat, sengatan ikan ini sangat menyakitkan, dan racunnya juga dianggap cukup berbahaya.

Namun, karena keindahannya, ada banyak orang yang memeliharanya, meski tentu dengan kehati-hatian ekstra tinggi—khususnya ketika akan membersihkan akuarium atau kolamnya.

Moorish idol

Biasa hidup di kedalaman laut, ikan ini jarang kita jumpai. Selain itu, Moorish idol juga sulit dipelihara di akuarium atau kolam ikan di rumah, karena habitatnya yang mungkin berbeda. Ikan-ikan ini memiliki warna-warni yang cerah, berbeda dengan ikan-ikan lain yang biasa hidup di laut dalam.

Karena hidup di kedalaman laut, ikan ini pun sangat mahal—lebih mahal dibanding ikan-ikan lainnya—karena proses pengambilannya yang tidak mudah.

Koi

Di antara ikan-ikan lain dalam daftar ini, ikan koi mungkin sudah cukup familier bagi kita. Meski mungkin kita sering menyaksikan ikan koi dengan warna putih dengan belang merah, namun sebenarnya ada banyak variasi warna ikan koi yang jumlahnya mencapai seratusan.

Selain putih berbelang merah, ikan koi juga ada yang memiliki warna oranye, keemasan, juga hitam. Para penggemar ikan koi biasanya mau membayar hingga ribuan dolar untuk koi yang memiliki pola warna langka.

Coral beauty

Karena keindahannya, ikan ini kadang disebut angelfish. Memiliki warna-warni cerah, coral beauty dapat dipelihara di akuarium atau kolam ikan, dan mampu bertahan hidup dalam habitat yang keras. Artinya, berbeda dengan ikan-ikan cantik lain, coral beauty tidak mengalami masalah jika akuarium atau kolam ikannya lama tidak dibersihkan.

Flame angel

Secara tampilan, ikan ini mirip coral beauty, dan juga bisa dipelihara di akuarium atau kolam ikan. Namun, perbedaannya, flame angel tidak sekuat coral beauty dalam hal daya tahan hidup. Artinya, akuarium atau kolam untuk ikan ini harus sering-sering dibersihkan.

Regal tang


Ikan ini merupakan bagian dari keluarga Surgeonfish, yaitu ikan yang memiliki semacam pisau kecil dari zat kapur yang terdapat (tersembunyi) di depan sirip ekornya. Pisau kecil itu merupakan senjatanya dalam mempertahankan diri menghadapi predator.

Ikan ini memiliki penampilan yang indah, dengan kulit berwarna-warni, namun habitat hidupnya di air laut, sehingga sulit jika dipaksa hidup di akuarium atau kolam ikan di rumah.

African cichlids

African cichlids ditemukan di tiga danau di Afrika, yaitu Malawi, Tanganyika, dan Victoria. Ikan ini memiliki warna kulit yang cerah berwarna-warni, meski spesies yang terdapat di danau Victoria tampak lebih kusam dibandingkan dengan spesies yang terdapat di dua danau lainnya.

Ikan ini dapat tumbuh hingga sepanjang 6-7 inci. Khusus untuk spesies yang disebut Frontosoa, panjangnya bisa mencapai 12-14 inci. African cichlids adalah ikan air tawar, sehingga gampang dipelihara di rumah. Selain di Afrika, ikan ini juga terdapat di perairan Amazon, dengan ukuran yang lebih besar.

Parrotfish


Dinamakan parrotfish, karena bentuk mulut ikan ini mirip paruh burung. Bentuk mulutnya yang khas itu memang digunakan ikan tersebut untuk memecah dan memakan invertebrata kecil yang biasa hidup di daerah koral.

Biasanya, mereka akan memakan bebatuan koral dalam keadaan utuh, atau memakan pasir laut untuk kemudian mengunyah invertebrata yang ada di dalamnya, lalu membuang sisa-sisa atau ampasnya. Ikan dengan warna-warni indah ini biasa hidup di kedalaman laut.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.