Ikan-ikan Paling Ganas dan Mengerikan

ikan piranha

BIBLIOTIKA - Mendengar istilah ikan ganas, mungkin yang langsung terbayang dalam benak kita adalah ikan hiu. Namun, hiu hanya salah satunya. Selain hiu, masih cukup banyak ikan lain yang bahkan lebih ganas dan mematikan. Berikut ini adalah jenis-jenis ikan yang bukan hanya ganas, tapi juga memiliki tampang mengerikan.

Piranha

Ikan ini tidak hanya buas, tapi juga mengerikan. Tampangnya benar-benar pas untuk menjadi tokoh utama dalam film-film horor, dan kenyataannya ikan ini memang menjadi salah satu “superstar” Hollywood dalam genre film horor.

Dengan barisan gigi-gigi tajam yang tersusun rapat dan tersambung satu sama lain, gigi-gigi itu seperti mesin yang didesain sempurna untuk menusuk dan mencabik-cabik mangsa. Ikan ini juga sangat rakus, sehingga jika kebetulan tidak menemukan mangsa, mereka akan saling serang terhadap sesamanya dan melakukan kanibalisme.

Kadang-kadang, ikan ini juga memakan tumbuhan, seperti rumput, namun lebih sering memakan daging. Dalam berburu atau menghadapi predator, ikan ini membentuk kawanan. Pasukan piranha adalah kawanan mematikan, sehingga hewan sebesar buaya sekali pun menjadi tidak berdaya.

Ikan pemancing (Anglerfish)


Ikan ini dinamai anglerfish atau ikan pemancing, karena cara mereka dalam menjebak mangsa yang dapat dibilang unik. Mereka hidup di kedalaman laut, dan di bagian kepalanya tumbuh benda mirip kail pancing yang dapat mengeluarkan cahaya bioluminescent.

Cahaya itu berasal dari jutaan bakteri bercahaya yang menempel di situ. Dengan benda itulah ikan ini memancing mangsanya. Cahaya yang dikeluarkan oleh kail di kepalanya itu cukup menarik mangsanya untuk mendekat, dan ikan ini akan segera menyergap untuk melahapnya.

Anglerfish memiliki mulut yang besar, dan rahangnya yang bergigi panjang mengarah ke dalam, sehingga ia mudah memasukkan mangsa ke perutnya, sekaligus menutup jalan keluar dari mulutnya. Predator yang mirip mesin pembunuh ini mampu membesarkan rahang dan perutnya, sehingga mangsa yang lebih besar sekalipun bisa masuk ke dalamnya.

Belut moray (Moray eel)

Belut moray adalah sejenis belut yang bisa ditemukan di seluruh dunia. Ia biasa menyelinap di celah-celah atau retakan karang, tempatnya menunggu mangsa lewat untuk ia sergap dengan rahangnya yang kuat. Karnivora ganas ini adalah pemakan hewan-hewan laut, meski juga bisa mengakibatkan luka pada manusia yang kebetulan terlalu dekat dengannya.

Ciri khas ikan ini adalah adanya rahang kedua di tenggorokannya, yang juga memiliki gigi. Ketika berburu mangsa dan menangkapnya, ikan ini akan mengeluarkan rahangnya tersebut di mulutnya, melumat mengsanya, dan menariknya ke dalam pencernaannya.

Ketika berdekatan dengan manusia, belut ini biasanya lebih suka menghindar. Namun, jika merasa terancam, dia akan menggigit. Yang menakutkan, bakteri yang terdapat pada gigi-giginya dapat menyebabkan luka serius, selain koyakan akibat tajam gigi-giginya. Pada beberapa spesies, lendir pada kulit ikan ini juga mengandung racun.

Ikan macan (Tigerfish)

Tigerfish atau ikan macan tidak memiliki penampilan fisik seperti macan, namun memiliki keganasan yang setara dengan macan. Mereka memiliki gigi-gigi tajam seperti piranha, dan merupakan predator yang mematikan sekaligus rakus.

Tubuh ikan ini seperti diciptakan untuk kecepatan sekaligus kekuatan—mirip kendaraan lapis baja dalam perang—sehingga ikan apa saja yang kebetulan lewat di dekatnya akan diterkam tanpa ampun. Ikan ini bahkan diketahui juga memangsa ikan lainnya yang ukurannya lebih besar dari dirinya.

Ikan yang dapat ditemukan di perairan air tawar Afrika ini memiliki tampilan yang menakutkan, meski rahangnya tertutup.

Ikan kepala ular (Snakehead fish)

Dinamai ikan kepala ular, karena tampilan moncongnya yang runcing mirip ular. Ikan ini dapat ditemukan di kawasan Asia Tenggara, sebagian India, dan Afrika. Dari yang pernah ditemukan, ikan ini memiliki mulut yang besar dan gigi-gigi tajam, yang siap memangsa apa saja di depannya—ikan, burung, katak, atau mamalia lainnya.

Konon, snakehead telah ada sejak 50 juta tahun lalu, dan ikan ini merupakan bukti adanya adaptasi evolusioner dalam kehidupan fauna; menggunakan sebuah paru-paru, dan bernapas dengan udara di atmosfir. Ikan berpenampilan mengerikan ini mampu bertahan hidup di tanah basah selama musim kering yang panjang, lalu merangkak ke kolam atau danau berikutnya untuk mencari mangsa dengan menggunakan tubuh dan siripnya.

Ikan viper (Viperfish)

Ikan viper hidup di kedalaman laut, dan merupakan predator ganas di lautan. Pada malam hari, ikan mengerikan ini akan berenang menuju lautan yang dangkal, tempat terdapat banyak mangsa yang dapat diserangnya.

Ikan viper Pasifik dapat tumbuh hingga 2 meter panjangnya, dan memiliki gigi-gigi tajam mematikan yang dapat mengoyak apa pun yang diinginkannya.

Ikan bertaring (Fangtooth fish)

Ikan ini hidup di kedalaman 5 kilometer di bawah permukaan laut. Tampangnya mengerikan, karena dihiasi gigi mirip taring yang sangat besar dan rahang yang kokoh. Gigi taring bawahnya yang paling besar dan panjang menjadikan ikan ini seperti punya sepasang tanduk di kedua sisi kepalanya.

Di antara ikan-ikan lain yang seukuran dengannya, ikan ini memiliki gigi paling besar, yang ia gunakan untuk mengunyah makanan, bahkan yang ukurannya lebih besar dari dirinya.

Ikan naga (Dragonfish)

Ikan ini adalah monster yang sangat mengerikan. Bagian kepalanya hanya diisi mulut yang sangat besar, rahang, dan mata, sementara giginya yang mirip taring sangat tajam dan menakutkan.

Yang menakjubkan, mata ikan ini dapat mengeluarkan cahaya indah, mirip kail anglerfish, dan cahaya itu sering menarik calon mangsa yang tergoda untuk mendekatinya. Namun, mendekati ikan ini sama saja mendekati maut—dan itulah yang biasanya terjadi.

Belut conger (Conger eel)

Juga disebut American conger atau belut Amerika, hewan ini memiliki bentuk kepala yang kukuh, mulut lebar, dan gigi-gigi yang sangat kuat. Hewan ini berkerabat dengan belut moray (moray eel).

Namun, berbeda dengan belut moray yang suka menunggu mangsa dengan berdiam diri, belut conger mencari mangsa dengan aktif, sehingga ia merupakan hewan pemburu yang ganas.

Belut gulper (Gulper eel)

Hewan ini juga disebut belut pelican. Makhluk mengerikan ini memiliki mulut yang lebih besar dibanding tubuhnya, dengan rahang besar yang menjulur ke bawah. Mulutnya yang besar itu sangat lentur dan dapat dibuka lebar-lebar, sehingga ia siap menyantap mangsa yang ukurannya lebih besar dibanding dirinya. Selain itu, pencernaannya juga dapat meregang, sehingga bisa menampung mangsa yang besar.

Gigi-gigi hewan ini relatif kecil, jika dibandingkan mulut dan rahangnya yang sangat besar. Namun, meski begitu, hewan yang hidup di kedalaman ribuan kaki ini tetap saja mengerikan.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.