Hewan-hewan Laut Paling Berbahaya

singa laut

BIBLIOTIKA - Karena luasnya lautan di bumi, masih banyak hewan-hewan laut yang belum diketahui sampai saat ini. Dari yang telah diketahui, sebagian ada yang dianggap tidak berbahaya, namun sebagian dianggap berbahaya bagi manusia.

Di antara yang berbahaya tersebut, berikut ini adalah hewan-hewan yang dianggap paling berbahaya di laut, karena serangannya dapat mengakibatkan kematian dalam waktu singkat.

Belut laut


Di siang hari, hewan ini sering bersembunyi di celah-celah dan lubang karang, kemudian aktif mencari makan di malam hari. Ia memiliki gigi yang kuat sekaligus tajam, sehingga jika menggigit manusia dapat mengakibatkan luka serius yang rentan infeksi.

Karena bahayanya, para ahli kelautan menyarankan agar penyelam menjauhkan tangan dari celah atau lubang mencurigakan di lautan, untuk menghindari kemungkinan serangannya. Selain itu, sebaiknya tidak usah mencoba memberi makan hewan itu, karena keberadaan makanan hanya mengundang sekawanan belut laut yang siap menyerang.

Singa laut

Sekilas, singa laut adalah hewan imut yang mudah dilatih. Keberadaannya pun dapat dilihat di beberapa kebun binatang. Namun bukan berarti hewan ini tidak berbahaya, karena ia juga tidak jarang menyerang manusia.

Di California, AS, misalnya, pada tahun 2006 beberapa kasus serangan singa laut dilaporkan terjadi di pantai Manhattan, Newport, dan San Francisco. Para ilmuwan pun menyatakan bahwa perilaku singa laut sulit diduga, dan dapat agresif tiba-tiba.

Ikan pari

Ikan ini berbahaya, karena ekornya yang berbentuk seperti tombak mengandung banyak racun. Pada tahun 2006, ikan ini menjadi buah bibir masyarakat dunia karena telah membunuh Steve Irwin, pembawa acara televisi terkenal “Crocodile Hunter”. Ekor ikan pari itu menusuk Steve Irwin, dan membuatnya mengalami gagal jantung.

Buaya air asin

Hewan ini dapat tumbuh hingga sepanjang 6 meter, dengan bobot 1.500 kilogram, dan dianggap sebagai salah satu pemangsa paling ganas di dunia. Ia memangsa monyet, kanguru, banteng, ikan hiu, juga manusia. Ketika mendapat mangsa, hewan ini dengan kuat menggigit dan memutar-mutar mangsanya di dalam air untuk melumpuhkan, kemudian memakannya.

Ikan macan

Ikan macan (tigerfish) dianggap berbahaya karena memiliki duri-duri yang beracun. Racunnya memang tidak mematikan pada manusia, namun dapat mengakibatkan sakit kepala, muntah-muntah, dan gangguan pernapasan. Beberapa laporan menyebutkan, gejala tersebut dapat berlangsung hingga beberapa minggu.

Ular laut

Karena ular laut hidup tersembunyi di lautan, keberadaannya pun tidak terlalu berbahaya bagi manusia. Namun, hewan ini sangat mematikan, khususnya bagi manusia yang kebetulan bertemu dengannya. Dalam satu gigitan, racun ular ini mampu melumpuhkan mangsa dan membunuhnya dalam hitungan detik. 

Ikan buntal

Ikan berbadan tambun ini memiliki racun mematikan, bernama tetrodotoxin (TTX). Racun itu lebih kuat dibanding sianida, sehingga korban yang kebetulan mendapat serangannya akan mengalami kesulitan bernapas, sebelum kemudian berakhir dengan kematian.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.