Hewan-hewan Air Terbesar yang Pernah Ditangkap

hiu paus terbesar

BIBLIOTIKA - Rata-rata hewan air yang biasa kita tangkap melalui alat pancing mungkin hanyalah ikan atau udang-udang kecil. Paling besar mungkin ikan yang memiliki bobot satu kilo. Tapi tahukah Anda bahwa ada hewan-hewan air yang berukuran sangat besar pernah ditangkap?

Kepiting terbesar yang pernah ditemukan memiliki berat hingga 15 kilogram, dengan panjang 1,5 meter—ukuran yang dapat dibilang raksasa jika dibandingkan dengan kepiting yang biasa kita saksikan. Sementara lele terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang hampir 9 meter—lagi-lagi jauh lebih besar dari rata-rata lele yang biasa kita lihat.

Berikut ini adalah hewan-hewan air terbesar yang pernah ditemukan, dari berbagai belahan dunia.

Lele terbesar

Lele ini memiliki panjang hampir 9 meter, dan menjadi ikan air tawar terbesar yang pernah tercatat. Ikan ini ditemukan pada tahun 1981 di kabupaten Khong Chiang di Thailand. Butuh waktu hampir dua jam untuk membawa ikan raksasa itu keluar dari air dan membawanya ke kapal. Semula, lele ini dijaga agar tetap hidup, namun kemudian mati beberapa hari setelah ditangkap. Penduduk di sana pun menjadikan dagingnya sebagai bahan makanan.

Salmon terbesar

Ikan salmon ini memiliki panjang 51 sentimeter, dan memiliki berat 88 kilogram. Padahal, rata-rata salmon hanya berberat antara 20 sampai 30 kilogram. Salmon raksasa ini ditemukan di California, ketika beberapa ahli biologi melakukan survai atas penurunan jumlah salmon di sana.

Belut terbesar

Ditemukan di wilayah Rhode Island, dengan panjang 5 kaki 3 inci, berdiameter 15 inci, dan beratnya mencapai 34 pound. Saat pertama kali ditangkap, belut itu meronta-ronta dalam jaring, namun kemudian para nelayan berhasil membawanya ke kapal. Belut ini tercatat sebagai belut paling besar yang pernah ditemukan.

Hiu paus terbesar

Ditemukan di perairan Mediterania, hewan ini merupakan hiu paus yang dikenal sebagai anggota terbesar keluarga hiu. Ikan ini juga dikenal karena sifatnya yang ramah, dan biasanya hanya memakan organisme kecil di laut. Hiu paus ini dianggap sebagai hiu paus terbesar yang pernah ditemukan, karena memiliki panjang 21 meter.

Kepiting terbesar

Kepiting terbesar ini ditangkap di wilayah Northern Pacific Ocean. Beratnya mencapai 15 kilogram, dengan panjang sekitar 1,5 meter dari kaki ke kaki. Kepiting ini merupakan spesies kepiting raja varanger, yang sering disebut pula kepiting raja merah, dan merupakan spesies kepiting terbesar di dunia.

Cumi-cumi terbesar

Ditemukan pada bulan Februari 2007 oleh sekelompok nelayan yang berperahu di lepas pantai Antartika. Hewan ini adalah cumi-cumi raksasa yang panjangnya mencapai 26 kaki, dan diyakini sebagai cumi-cumi terbesar yang pernah tertangkap. Para ilmuwan kemudian membekukan cumi-cumi raksasa itu, dan sekarang berada di sebuah museum di Selandia Baru. Berdasarkan penelitian, cumi-cumi yang tergolong langka itu dapat terus tumbuh hingga sepanjang 46 meter.

Marlin terbesar

Ditemukan di wilayah Kona, Hawaii, ikan marlin Pasifik itu beratnya mencapai 1.656 pound, dengan panjang 17 kaki. Ditangkap pada tahun 1984, ikan ini diyakini sebagai marlin terbesar yang pernah ditemukan. Para nelayan yang menemukannya harus berjuang hampir setengah jam untuk mengangkatnya ke atas kapal.

Barakuda terbesar

Ditemukan di Christmas Island, Samudera Hindia, ikan barakuda ini adalah yang terbesar yang pernah tercatat. Ikan ini ditangkap pada 11 April 1992, dengan berat mencapai 85 pound. Barakuda biasa muncul di laut terbuka, dan merupakan predator yang cukup mematikan. Dengan kecepatannya yang tinggi, ikan ini biasanya mudah menangkap mangsa.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.