Fakta-fakta Menarik Seputar Ratu Lebah

Ratu Lebah

BIBLIOTIKA - Ratu lebah adalah lebah yang bertanggung jawab dalam proses reproduksi dalam sebuah koloni lebah madu. Dalam satu koloni, ratu lebah adalah satu-satunya lebah betina yang melakukan proses perkawinan. Mereka memiliki ciri berupa ukuan tubuh yang lebih besar, dan panjangnya satu setengah lebih panjang dibanding tubuh para lebah pekerja. Warna tubuhnya juga lebih gelap (hitam kecokelatan).

Untuk menjadi ratu lebah, para lebah betina dalam sebuah koloni akan bertarung. Pada waktu akan melakukan regenerasi, lebah betina yang akan menggantikan kedudukan ratu lebah akan bertarung dengan sang ratu lebah.

Pertarungan itu menggunakan sengat yang mereka miliki, dan siapa yang menang akan menjadi sang ratu dalam koloni. Sementara lebah betina yang kalah akan keluar, dan pergi ke tempat lain untuk membentuk sarang dan koloni baru dengan diikuti sebagian lebah pekerja.

Berikut ini beberapa fakta menarik lain seputar ratu lebah:

Ratu lebah merupakan satu-satunya betina yang berkembang biak dalam koloni di sarang lebah.

Ratu lebah bisa hidup antara 4 sampai 5 tahun karena mengonsumsi royal jelly sepanjang hidupnya, dan dapat bertelur hingga 2.000 telur per hari.

Telur yang dibuahi akan menjadi lebah betina, sedangkan telur yang tidak dibuahi akan menjadi lebah jantan.

Ratu lebah menyimpan sperma dari pejantan dalam spermatheca-nya, dan itu sudah cukup untuknya seumur hidup, sehingga ratu lebah tidak butuh kawin lagi.

Ratu lebah memiliki sistem pembuahan khusus, sehingga dia dapat mengatur aliran sperma ketika menghasilkan telur.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.