Fakta-fakta Menarik Seputar Penyu

Penyu

BIBLIOTIKA - Penyu adalah hewan laut yang tubuhnya menyerupai kura-kura. Hewan ini dapat ditemukan di semua samudera di dunia, dan dipercaya menjadi penjaga keseimbangan ekosistem laut. Di mana ditemukan penyu, hampir dapat dipastikan di sana akan ditemukan kekayaan alam laut yang melimpah.

Penyu telah ada semenjak zaman Jura (145 sampai 208 juta tahun yang lalu) atau seusia dinosaurus. Pada masa purba tersebut, penyu memiliki tubuh selebar enam meter, dan disebut Cimochelys. Mereka telah berenang di laut, sebagaimana penyu di zaman sekarang.

Berikut ini adalah beberapa fakta unik dan menarik seputar penyu, yang layak kita ketahui:

Ketika muncul dari dalam telur, bayi penyu akan langsung berebut masuk ke dalam air, sehingga mereka tidak pernah berinteraksi dengan induk mereka. Penyu jantan bahkan tidak pernah meninggalkan air setelah mereka masuk ke dalam air pada usia remaja.

Setelah menetas, bayi penyu dapat menemukan jalan ke dalam air, namun juga dibutuhkan waktu beberapa hari bagi mereka untuk sampai ke sana. Karena masih bayi, penyu berjalan dengan lambat, namun yang jelas mereka akan menemukan air.

Kenyataan bagaimana penyu bisa tahu ke mana mereka harus pergi masih menjadi misteri bagi banyak ilmuwan. Teori yang paling populer menyebutkan bahwa hal itu terjadi karena penyu memiliki preferensi magnetik di tubuh mereka yang “mengusir” mereka dari daratan. Selain itu, yang juga unik, penyu akan membuat lingkaran penuh di sekitar sarang mereka terlebih dulu sebelum kemudian bergerak dalam garis lurus ke arah air.

Kadang-kadang sulit untuk dapat membedakan antara penyu jantan dan penyu betina, karena mereka memiliki ukuran tubuh yang sama. Namun, cara mudah untuk membedakan keduanya adalah keberadaan ekor panjang pada penyu jantan, tempat organ reproduksi mereka berada.

Tidak semua penyu dapat menyelipkan kepala ke dalam cangkang mereka. Jika semua kura-kura darat bisa melakukannya, tidak dengan penyu laut. Penyu memiliki kelopak mata yang memberikan perlindungan dari sinar matahari. Mereka juga dapat melihat dengan baik di dalam air, namun tidak ketika di darat. Selain itu, penyu juga buta warna.

Penyu sering kali dikatakan dapat menangis. Namun, sesungguhnya, yang terjadi adalah penyu mengeluarkan garam dari tubuh mereka melalui mata.

Ketika penyu betina memilih penyu jantan untuk kawin, penyu betina akan memilih berdasarkan penyu jantan mana yang dapat mengangkat lehernya paling tinggi.

Penyu adalah perenang yang luar biasa, dan mereka dapat melakukannya hingga berjam-jam tanpa kelelahan. Penyu dapat berenang dari 1 mil per jam sampai 5 mil per jam. Ketika akan berkembang biak, mereka bahkan berenang dan melakukan perjalanan antara ratusan hingga seribu kilometer untuk mencapai tempat berkembang biak.

Penyu menghabiskan sebagian besar waktunya di perairan dangkal. Namun, ketika akan mencari makanan, mereka dapat menyelam hingga kedalaman 1.000 kaki. Penyu adalah hewan berdarah dingin, sehingga memiliki kemampuan untuk memperlambat metabolisme tubuhnya. Hal itu juga memungkinkan mereka mampu tidak makan hingga beberapa bulan jika diperlukan.

Usia penyu sulit diperkirakan secara akurat. Namun, jika hidup dengan kondisi yang tepat, banyak spesies penyu yang dapat hidup antara 50 sampai 80 tahun.

Penyu terbesar yang pernah ditemukan memiliki bobot 1.500 pon dan panjang 28 inci. Yang menakjubkan, otot-otot tubuh mereka lebih kuat dari otot manusia. Kekuatan otot itu pula yang memungkinkan beberapa penyu dapat melakukan perjalanan sampai 1.300 mil dalam satu hari ketika bermigrasi. Hal itu dibuktikan dengan perangkat penelitian pelacakan yang ditanamkan pada beberapa di antara mereka.

Penyu belimbing adalah satu-satunya spesies penyu yang tidak memiliki tulang punggung melekat pada bagian dalam cangkangnya. Mereka juga merupakan jenis penyu terbesar di dunia.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.