Fakta-fakta Menarik Seputar Lebah Madu

lebah madu

BIBLIOTIKA - Lebah madu adalah salah satu jenis serangga di antara sekitar 20.000 spesies lebah. Saat ini ada sekitar 7 spesies lebah madu yang dikenal, dengan sekitar 44 subspesies. Semua spesies itu termasuk dalam genus Apis.

Mereka memproduksi dan menyimpan madu yang dihasilkan dari nektar bunga. Selain itu, mereka juga membuat sarang dari lilin, yang dihasilkan oleh para lebah pekerja di koloni lebah madu.

Lebah madu yang ada di alam Indonesia adalah A. andreniformis, A. cerana, dan A. dorsata. Satu lagi, A. koschevnikovi, hanya terdapat di Kalimantan. Sesuai namanya, lebah madu adalah lebah yang bertugas mengumpulkan nektar di tanaman untuk dibuat menjadi madu—cairan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik seputar lebah madu yang layak kita tahu.

Lebah madu telah ada sejak lebih dari 30 juta tahun yang lalu.

Lebah madu merupakan satu-satunya serangga yang menghasilkan makanan yang dimakan manusia.

Lebah madu adalah serangga yang ramah lingkungan, bahkan berguna karena membantu penyerbukan.

Lebah madu mengepakkan sayapnya kira-kira 11.400 kali per menit, sehingga membuat bunyi dengung khas yang biasa kita dengar.

Seekor lebah madu bisa terbang hingga 6 mil, dengan kecepatan 15 mil per jam.

Lebah madu yang baru lahir tidak tahu cara mengumpulkan madu. Untuk mengetahui hal itu, mereka akan diajar oleh lebah yang lebih berpengalaman terlebih dulu.

Lebah madu adalah satu-satunya jenis lebah yang memiliki bulu di sekitar matanya. Mata lebah madu lebih kuat enam kali lipat dibanding mata manusia.

Lebah madu penyengat memiliki duri di belakang tubuhnya. Setelah menyengat sesuatu yang mereka anggap mengancam, duri beserta kantung racunnya akan menancap pada kulit korban. Tapi setelah itu lebah madu akan mati karena rusaknya bagian perut mereka.

Sepanjang hidupnya, rata-rata seekor lebah madu hanya dapat mengumpulkan madu dari nektar sebanyak seperduabelas sendok teh.

Lebah madu merupakan hewan herbivora. Mereka memakan nektar dan tepung sari pada bunga, tetapi mereka dapat memakan anak-anaknya ketika stres.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.