Fakta-fakta Menarik Seputar Kupu-kupu

Kupu-kupu

BIBLIOTIKA - Kupu-kupu adalah hewan indah yang biasa kita saksikan di halaman sekitar kita. Yang menakjubkan dari hewan ini adalah kenyataan betapa keindahan yang dimilikinya berasal dari ulat yang bermetamorfosa.

Dalam bahasa Inggris, kupu-kupu disebut butterfly. Sebenarnya, itu adalah anagram untuk flutterby, nama yang sebelumnya digunakan untuk kupu-kupu. Selain asal keindahan dan namanya yang menarik, berikut ini adalah hal-hal lain yang menarik seputar kupu-kupu.

Metamorfosis

Yang menjadikan kupu-kupu istimewa, karena mereka serangga holometabola yang mengalami metamorfosis sempurna. Berawal dari telur, kemudian berubah menjadi ulat, kemudian kepompong, dan terlahir menjadi kupu-kupu.

Setelah menetas dari telur hingga menjadi kupu-kupu, ulat mengalami peningkatan besar tubuh sampai 27.000 kali. Ukuran kupu-kupu berkisar antara seperdelapan inci sampai 12 inci.

Mata

Bisa jadi, kupu-kupu adalah makhluk yang memiliki indra penglihatan paling tajam di dunia. Mata hewan ini berbentuk seperti belahan bola, yang membesar pada bagian atas kepala (biasanya disebut mata majemuk).

Pada waktu memfokuskan pandangan pada objek yang dilihatnya, kupu-kupu akan menggunakan enam sisi lensa mikroskopik yang memungkinkan mereka melihat ke segala arah secara bersamaan. Kemampuan itu menjadikan pandangannya benar-benar tajam sekaligus terfokus.

Selain itu, kupu-kupu juga dapat melihat sinar ultraviolet, yang tidak dapat dilihat manusia. Kelebihan itu membantu kupu-kupu dalam mencari nektar pada bunga.

Sayap

Yang paling menarik dari kupu-kupu tentu sayapnya yang berwarna-warni. Seperti pelangi, warna-warni sayap kupu-kupu terlihat terang. Yang mungkin masih jarang diketahui orang adalah bahwa sebenarnya sayap itu transparan. Namun, karena perbedaan kecerahan di setiap lapisan tipisnya, sayap kupu-kupu jadi terlihat berwarna-warni.

Suhu tubuh

Kadang-kadang kita mendapati seekor kupu-kupu yang sayapnya masih terlihat utuh dan sehat, namun tidak bisa terbang. Ternyata, kupu-kupu tidak akan bisa terbang jika suhu tubuhnya di bawah 30 derajat Celcius, karena bisa jadi waktu itu ia sedang kedinginan sehingga tak mampu terbang.

Kaki

Jika manusia dan sebagian besar hewan menggunakan lidah sebagai indra perasa, kupu-kupu menggunakan kakinya untuk fungsi tersebut. Ketika akan mengisap madu, kaki kupu-kupu—berdasarkan indra perasanya—akan memberikan sinyal apakah madu tersebut layak dimakan atau tidak. Selain itu, kupu-kupu merasakan makanannya melalui kaki-kakinya. Semua kupu-kupu memiliki 6 kaki.

Mulut

Kupu-kupu memiliki mulut panjang yang digunakan untuk mengisap makanan. Mulut khusus ini disebut probosis.

Namun, beberapa kupu-kupu ada yang tidak pernah makan, karena tidak punya mulut. Kupu-kupu tersebut bertahan hidup hanya dengan energi yang dikumpulkan ketika menjadi kepompong.

Berdiri

Ketika seekor kupu-kupu berdiri, sayapnya juga akan ikut berdiri tegak. Ini keunikan yang mungkin jarang kita perhatikan, meski mungkin kita sering melihatnya. Ketika kupu-kupu hinggap di atas daun atau bunga, sayapnya akan berdiri. Jika sayapnya terlihat mengembang atau terbentang, berarti dia belum menginjakkan kakinya pada daun atau bunga tersebut, melainkan hanya terbang dengan jarak sangat dekat.

Migrasi

Kupu-kupu mampu bermigrasi sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat (tropis) ketika musim dingin tiba, dan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ke tempat asalnya ketika musim semi tiba.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.