Fakta-fakta Menarik Seputar Kucing

Kucing

BIBLIOTIKA - Salah satu hewan paling terkenal di dunia adalah kucing. Sejak zaman Mesir kuno, kucing telah menjadi hewan terkenal, bahkan dianggap jelmaan dewa. Bila orang Mesir kuno ditinggal mati kucing peliharaannya, mereka akan mencukur bulu alisnya sebagai tanda duka cita.

Di zaman modern, kucing juga masih “dikeramatkan”. Jika orang tanpa sengaja menabrak kucing di jalan, mereka biasanya akan berusaha untuk menguburnya secara layak. Hal semacam itu tentu tidak terjadi pada hewan lain, semisal tikus. Jika orang menabrak tikus, hewan itu pasti akan ditinggalkan begitu saja.

Ronald Reagan, aktor film Hollywood yang menjadi presiden Amerika, mengawali karir politiknya sebagai gubernur di California. Ketika menjabat sebagai Gubernur California, Reagan pernah mengeluarkan Perda (Peraturan Daerah) yang isinya melarang warga California menendang kucing.

Mungkin fakta-fakta di atas terdengar aneh atau unik. Namun kucing masih memiliki fakta-fakta menarik lain, berikut ini di antaranya:

Di dunia ini ada lebih dari 500 juta jenis kucing, dengan sekitar 33 macam keturunan.

Kucing rumah adalah salah satu hewan predator paling hebat di dunia. Kucing ini mampu membunuh atau memakan beberapa ribu spesies, mengalahkan kucing besar seperti singa, harimau, dan sejenisnya, yang hanya mampu memangsa kurang dari 100 spesies. Namun, karena ukurannya terbilang kecil, maka tidak berbahaya bagi manusia.

Kucing telah berhubungan dan hidup berdampingan dengan manusia setidaknya sejak 3500 tahun yang lalu. Pada waktu itu orang Mesir kuno telah menggunakan kucing untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lainnya dari hasil panen mereka.

Orang Mesir kuno mencukur rambut alis mereka ketika kucing di rumahnya mati, dan peraturan di masa itu akan mengenakan hukuman mati pada siapa pun yang membunuh kucing.

Di antara banyak spesies kucing, hanya terdapat 1 persen populasi kucing di dunia yang termasuk galur murni atau kucing ras. Sisanya adalah kucing hasil percampuran dari berbagai ras, atau yang biasa kita sebut kucing kampung. Karena itu, kucing ras termasuk kucing yang paling sering dicari dan berharga mahal.

Dalam kerajaan hewan, IQ kucing hanya dapat dilewati oleh monyet dan simpanse, karena kucing anggora atau kucing persia sangat pandai.

Kucing termasuk hewan yang sangat bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat, tapi dapat memicu alergi pada manusia.

Kucing memiliki sekitar 30 gigi dalam mulutnya.

Kucing memiliki 30 ruas tulang belakang—jumlah itu 5 kali lebih banyak dari yang dimiliki manusia.

Kucing memiliki 230 tulang—jumlah itu 24 kali lebih banyak dari yang dimiliki manusia.

Selama masa produktifnya, kucing betina dapat melahirkan sampai 100 ekor anak kucing.

Kucing tidak memiliki collarbone atau tulang leher, yang memungkinkannya masuk melewati celah selebar kepalanya.

Rahang kucing tidak bisa bergerak ke kiri dan kanan.

Kucing memiliki kelenturan yang menakjubkan. Kaki depannya dapat diputar ke segala arah, dan setengah bagian tubuhnya dapat bergerak ke arah yang berlawanan.

Kucing memiliki 32 otot pada setiap telinganya.

Kucing lebih mungkin selamat jika terjatuh dari lantai 20 daripada lantai 7, karena kucing membutuhkan waktu setara dengan 8 tingkat untuk menyadari apa yang terjadi, untuk tenang dan membetulkan posisinya.

Pendengaran kucing lebih sensitif dibanding manusia dan anjing. Batas pendengaran kucing mencapai 65 khz, sedangkan manusia hanya 20 khz.

Dibandingkan mamalia lain, kucing memiliki mata terbesar (dalam hubungannya dengan ukuran besar tubuh).

Dalam kegelapan total, kucing tidak bisa melihat. Tetapi ketajaman matanya di malam hari sangat baik. Kucing hanya memerlukan seperenam cahaya yang dibutuhkan manusia untuk melihat normal di malam hari.

Mata kucing memiliki lapisan perefleksi atau pemantul cahaya, disebut tapetum lucidum, yang dapat berfungsi memperkuat cahaya yang masuk ke retina, yang menyebabkan mata kucing berpendar di malam hari. Lapisan pemantul itu dapat menyerap cahaya 6 kali lebih kuat daripada mata manusia, yang memungkinkan kucing dapat melihat di kegelapan.

Kucing dengan bulu putih dan mata biru biasanya terlahir tuli, walaupun begitu indera lain mereka berkembang sebagai gantinya.

Kucing—termasuk kucing besar seperti macan, cheetah dan lainnya—hanya dapat melihat dua warna, yakni hijau dan biru.

Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kilogram, dan jarang melebihi 10 kilogram, kecuali diberi makan berlebih. Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, bahkan kucing tertua pernah diketahui berusia 36 tahun. Kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern hanya mampu hidup selama 2 tahun atau kurang.

Kumis pada kucing sangat sensitif dan dapat merasakan perubahan tekanan udara, bahkan yang kecil sekalipun. Kemampuan ini membuat kucing dapat menggunakannya sebagai penuntun alternatif untuk bergerak dalam kegelapan ketika ia tidak dapat melihat.

Cakupan pandangan kucing mencapai 185 derajat.

Kucing memiliki sistem saraf yang sangat sensitif.

Kucing memiliki indra penciuman mencapai 20 sampai 80 juta sel olfactory. Sebagai perbandingan, manusia hanya memiliki 5 sampai 20 juta sel olfactory.

Kucing tidak bisa merasakan rasa manis.

Kucing menarik napas sebanyak 20 sampai 40 kali per menit.

Denyut nadi normal kucing antara 110 sampai 170 denyutan per menit. (Jika ingin melakukan pengecekan denyut nadi kucing, lakukan di paha belakang pada bagian sendi yang menghubungkan kaki dengan tubuhnya).

Jantung kucing berdetak 140 kali per menit—itu dua kali lipat lebih cepat dari detak jantung manusia.

Suhu tubuh normal kucing adalah 102 derajat Fahrenheit, atau 38,8 derajat Celcius.

Semua kucing berjalan dengan berjinjit, termasuk kucing anggora atau kucing persia.

Kucing berkeringat melalui telapak kakinya.

Kucing kampung dapat berlari dengan kecepatan 31 mil per jam.

Kucing dapat melompat ke ketinggian yang lima kali tinggi badannya.

Walaupun kucing memiliki 5 jari di kaki depan, mereka hanya mempunyai 4 jari pada kaki belakang. Namun beberapa kucing ada yang terlahir dengan jari hingga 7, atau dilengkapi tulang tambahan.

Kucing melangkah dengan kedua kaki kirinya, sedangkan pada saat berlari menggunakan kedua kaki kanannya. Selain kucing, satu-satunya hewan yang melakukan hal ini adalah jerapah dan unta.

Setiap kucing memiliki nose pad (bantalan hidung) yang sangat khas, sehingga tidak penah ada dua kucing yang memiliki bentuk hidung yang sama.

Kucing merespon panggilan wanita lebih baik dibanding panggilan pria, mungkin karena wanita memiliki tingkat suara yang lebih tinggi.

Kucing menunjukkan kepercayaan mereka kepada pemiliknya dengan cara mendengkur atau berguling di punggung mereka.

Kucing mengetahui perubahan suasana hati pemiliknya, dan kadang-kadang itu akan mempengaruhi suasana hati si kucing.

Kucing menganggap daerah yang memiliki bau amonia sebagai daerah eliminasi. Karena itu tidak dianjurkan menggunakan amonia untuk membersihkan bau urin atau kotoran kucing.

Kucing benci bau parfum. Mereka juga membenci aroma jeruk dan lemon.

Orang yang alergi terhadap kucing pada umumnya alergi terhadap air liur kucing.

Rata-rata umur kucing adalah 15 sampai 16 tahun. Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, bahkan kucing tertua yang pernah tercatat diketahui berusia 36 tahun. Sedangkan kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern rata-rata hanya mampu hidup selama 2 tahun atau bahkan kurang dari itu.

Lama tidur kucing bervariasi antara 12 sampai 16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13 sampai 14 jam. Tapi juga kadang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari. Selain itu, kucing juga dapat menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain.

Kucing lokal mendengkur sekitar 26 kali per detik—itu frekuensi yang sama dengan mesin diesel.

Penelitian ilmiah membuktikan bahwa mengelus-elus kucing merupakan salah satu cara menurunkan tekanan darah kita.

Di abad pertengahan, kucing dianggap berhubungan dengan penyihir, dan sering dibunuh dengan cara dibakar atau dilempar dari tempat tinggi. Sejumlah ahli sejarah percaya bahwa wabah Black Death atau wabah pes menyebar dengan cepat di Eropa pada abad ke-14 akibat banyaknya pembunuhan kucing yang dilakukan, sehingga meningkatkan populasi tikus yang membawa wabah pes tersebut.

Jenis kucing yang paling kecil adalah kucing berbulu bintik-bintik, yang ditemukan di Sri Lanka. Ukurannya setengah ukuran kucing kampung. Sedangkan kucing yang terbesar adalah seekor harimau. Harimau jantan Siberia atau harimau Amur mempunyai panjang badan keseluruhan lebih dari 3 meter, dan berat badan hingga 300 kilogram.

Di Indonesia, suara kucing sering ditulis dengan kata “meong”. Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suara kucing sering ditulis dengan “meow”. Di negara Inggris sendiri, suara kucing ditulis “miaow”. Sedangkan bahasa Jepang menuliskan suara kucing dengan kata “nya”.

Kucing bisa membuat lebih dari 100 bunyi vokal, sementara anjing hanya bisa membuat 10 bunyi suara.

Air seni kucing akan tampak bersinar di bawah sinar gelap.

Kucing kampung adalah jenis kucing yang paling banyak. Namun, ada pula jenis kucing yang sangat langka, bahkan terancam kepunahan, di antaranya adalah kucing mirip musang di Malabar, Asia, yang saat ini diperkirakan hanya tinggal 250 ekor. Selain itu, kucing Iriomote, yang ditemukan di kepulauan Jepang, juga terancam punah, karena jumlahnya kurang dari 100 ekor.

Bluebell adalah kucing Persia yang pernah melahirkan 14 kucing dalam satu persalinan, dan peristiwa itu dianggap sebagai persalinan kucing terbanyak yang tercatat di dunia.

Puss adalah nama kucing yang hidup hingga 36 tahun. Ia merupakan kucing paling panjang umur di dunia.

Towser adalah kucing dari Skotlandia yang tercatat berhasil membunuh tikus sebanyak 28.888 ekor. Tiap hari dia membunuh sekitar 4 tikus selama 21 tahun. Kucing hebat ini mati pada tahun 1987.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.