Fakta-fakta Menarik Seputar Kalajengking

Kalajengking

BIBLIOTIKA - Kalajengking adalah sekelompok hewan beruas dengan delapan kaki (oktopoda), yang termasuk dalam ordo Scorpiones dalam kelas Arachnida. Kalajengking masih berkerabat dengan ketonggeng, laba-laba, tungau, dan caplak. Ada sekitar 2.000 jenis kalajengking, dan semua spesiesnya memiliki bisa.

Pada umumnya, bisa atau racun kalajengking termasuk sebagai neurotoksin (racun saraf). Namun, ada kalajengking jenis Hemiscorpius lepturus yang memiliki bisa sitotoksik (racun sel). Berikut ini beberapa fakta menarik seputar kalajengking yang perlu kita tahu:

Ada lebih dari 2.000 spesies kalajengking yang berbeda di bumi.

Ekor kalajengking memiliki penyengat dengan kelenjar racun di dalamnya. Sebanyak 40 sampai 50 spesies di antaranya bahkan memiliki racun yang mampu membunuh manusia.

Kalajengking berasal dari keluarga laba-laba. Kalajengking merupakan hewan nokturnal, dan umumnya memiliki panjang sekitar 2,5 sampai 20 sentimeter.

Kalajengking menyukai tempat-tempat yang terbuat dari kain, seperti pakaian dan celana. Itulah sebabnya, tempat favorit mereka ketika pertama masuk rumah adalah sepatu.

Meskipun beberapa spesies memiliki mata yang jumlahnya mencapai 10, tetap saja mereka memiliki penglihatan yang buruk.

Kulit kalajengking mengandung bahan flourescent yang bisa membuat mereka berubah warna menjadi hitam apabila terkena sinar ultraviolet.

Setelah kawin, kalajengking betina akan menjadi agresif, dan mulai memakan pasangannya. Mereka bahkan akan memakan anak-anaknya bila merasa kelaparan.

Habitat asli kalajengking adalah di gurun pasir. Karena itu mereka sudah terlatih untuk dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum sampai berbulan-bulan.

Kalajengking bisa dibunuh dengan menyiramkan cuka ke tubuhnya. Mereka akan murka, dan menyengat dirinya sendiri.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.