Fakta-fakta Menarik Seputar Anjing

Anjing

BIBLIOTIKA - Salah satu hewan yang sering dijadikan peliharaan manusia adalah anjing, yang dalam istilah Latin disebut Canis lupus. Hewan ini telah menemani manusia sejak 15 ribu tahun lalu, dan ada 701 jenis anjing ras murni yang pernah ada di bumi. Di Amerika, diperkirakan ada 54 juta anjing, sementara populasi anjing di Paris, Prancis, melebihi jumlah penduduknya.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik seputar anjing yang perlu kita tahu.

Jurnal The British Psychological Society pada tahun 2000 menyatakan bahwa orang yang berjalan-jalan dengan anjing memiliki kesempatan berinteraksi tiga kali lebih banyak dengan orang lain. Anjing juga meningkatkan kemungkinan kontak sosial bagi pemiliknya, meski anjingnya bertampang menakutkan dan pemiliknya berpakaian lusuh.

Variasi dalam Canis lupus setara dengan perbedaan antar spesies. Penelitian yang dimuat dalam jurnal The American Naturalist 2010 menyatakan perbedaan tengkorak Collie dan anjing peking sama banyaknya dengan perbedaan tengkorak kucing dan anjing laut.

Meski namanya berbau Amerika Latin, anjing Chihuhua berasal dari Timur Tengah. Seperti yang dinyatakan jurnal Nature, Maret 2010, anjing Chihuhua—juga anjing mini lain—memiliki gen yang serupa serigala abu-abu di Timur Tengah. Serigala itu menciut tahap demi tahap setelah masyarakat setempat menjadikannya hewan peliharaan.

Studi yang dimuat dalam jurnal The American Naturalist, pada Juni 2010, menyatakan bahwa anjing dari ras agresif tumbuh cepat, menghabiskan energi lebih besar, dan cenderung mati muda, daripada ras anjing rumahan yang jinak semacam golden retrievers.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal National Academy of Sciences 2008, menyebutkan bahwa anjing terbukti iri ketika tidak diberi camilan, sementara ia melihat anjing lain memperolehnya. Anjing yang tidak mendapat makanan biasanya jadi gelisah, garuk-garuk, dan memalingkan muka dari anjing lain yang mendapatkan makanan.

Pandangan mata penuh iba yang biasa ditunjukkan anjing ketika diomeli karena suatu kesalahan, bukan menunjukkan rasa bersalah. Itu respon mereka dalam menyikapi teguran tuannya. Berdasarkan penelitian, anjing yang tak bersalah namun dituduh melakukan kesalahan sering menunjukkan pandangan penuh iba ketika diomeli, dibanding anjing yang benar-benar bersalah.

Berdasarkan penelitian di Asosiasi Psikologi Amerika pada 2009, disimpulkan bahwa anjing memiliki kecerdasan yang setara dengan bayi berumur dua tahun. Border collie merupakan ras paling cerdas, diikuti pudel, herder, golden retriever, dan doberman.

Ras kuno, seperti hound, bulldog, dan beagle, tergolong anjing dengan intelegensia paling rendah. Mungkin karena lebih banyak digunakan untuk mencari jejak dan berburu, otot bulldog dan kawan-kawannya lebih berkembang dibanding otak mereka.

Anjing dapat menularkan penyakit kepada manusia, dan yang paling terkenal adalah rabies. Virus rabies bisa dihilangkan dengan suntikan, yang mudah diperoleh dari dokter hewan. Makanan anjing yang mengandung bakteri salmonella juga bisa meracuni makanan manusia.

Kemudian, penyakit lain bisa berasal dari cacing gelang yang berkembang di kotoran anjing. Cacing itu dapat hidup di tubuh manusia, yaitu di belakang bola mata, dan menyebabkan kebutaan. Meski begitu, infeksi tersebut jarang terjadi, dan bisa dicegah dengan cuci tangan setelah memegang anjing.

Berbagai laporan menyebutkan bahwa anjing menyadari ada bahaya sekitar 45 menit sebelum tuannya terserang epilepsi. Selain itu, anjing juga dipercaya dapat mengetahui (merasakan) penyakit manusia, di antaranya kanker, diabetes, dan masalah prostat. Kemampuan itu kemungkinan berasal dari perubahan bau yang terpancar dari tubuh orang yang dihinggapi penyakit tersebut.

Anjing memiliki penyakit yang sama dengan manusia. Setiap tahun, ada 6 juta anjing yang divonis kanker. Anjing juga satu-satunya karnivora yang berisiko terkena stroke sehingga tidak dapat berjalan. Persamaan itu kemudian dimanfaatkan dunia kedokteran untuk memilih anjing sebagai media uji coba obat.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.