Fakta-fakta Menarik dari Dunia Ikan

great white shark

BIBLIOTIKA - Tahukah Anda, ikan apa yang mampu menghasilkan telur paling banyak? Ikan apa yang dianggap paling pintar di dunia, karena memiliki ukuran otak paling besar? Juga tahukah Anda, ikan apa yang paling berbahaya di dunia, karena memiliki racun yang sanggup membunuh manusia dalam waktu singkat?

Berikut ini adalah uraian seputar rekor-rekor dari dunia ikan. Dari ikan terkecil dan terbesar, sampai ikan yang memiliki senjata paling mematikan.

Ikan pertama di dunia

Setelah melakukan penelitian selama bertahun-tahun, para ilmuwan di dunia bersepakat bahwa ikan pertama di dunia adalah ikan yang disebut Conodontia. Fosil ikan tersebut masih tetap utuh, dan diperkirakan mereka hidup sekitar 515 juta tahun yang lalu.

Ikan terbesar di dunia

Great white shark, yang disebut pula Megalodon shark (Carcharodon megalodon) dinyatakan sebagai ikan paling besar di dunia. Berdasarkan catatan fosil giginya, ikan karnivora ini diperkirakan hidup sekitar 20 sampai 2 juta tahun yang lalu. Sedang berdasarkan rekonstruksi rahang dan perbandingannya dengan spesies yang masih ada sekarang, Great white shark diperkirakan memiliki tinggi sekitar 14,7 meter atau 48,4 kaki, sementara beratnya mencapai 35.000 kilogram.

Ikan terkecil di dunia

Jika Great white shark dianggap sebagai ikan terbesar di dunia, maka ikan yang dianggap paling kecil di dunia adalah spesies yang disebut Fish base. Ikan ini memiliki tiga spesies, yaitu Pamphorichthys, Spiniceps photocorynus, dan Nanus trimmatom. Ketiga spesies itu rata-rata hanya sepanjang 1 sentimeter, dan ketiganya telah masuk Guinnes Book of Records sebagai ikan terkecil di dunia.

Ikan terpintar di dunia

Rata-rata ikan memiliki otak yang beratnya kurang dari 1 persen berat badannya. Namun, ikan yang disebut Elephantnose (Gnathonemus petersii) memiliki ukuran otak yang beratnya mencapai 3,1 persen dari total berat badannya. Karenanya, ikan itu pun dianggap sebagai ikan paling pintar di dunia. (Sebagai perbandingan, rata-rata otak manusia sekitar 2,3 persen dari berat tubuh).

Ikan Elephantnose hidup di air tawar, dan menjadi salah satu ikan tropis Afrika Tengah. Ikan itu dapat tumbuh hingga sepanjang 35 sentimeter, dan sering dijadikan sebagai hewan peliharaan di akuarium karena memiliki perilaku bermain-main yang atraktif.

Ikan terbodoh di dunia

Jika Elephantnose dianggap sebagai ikan paling pintar di dunia karena ukuran otaknya yang besar, maka ikan yang dianggap paling bodoh di dunia adalah Acanthonus armatus. Ikan itu memiliki ukuran otak yang sangat kecil, paling kecil di antara ikan-ikan lainnya, bahkan otaknya lebih kecil dibanding otak vertebrata apa pun. 

Ikan tercepat di dunia

Di darat, kemampuan berlari cepat sangat berperan bagi hewan dalam hal mengejar mangsa, atau melarikan diri dari predator. Hal tak jauh beda juga terjadi di dalam kehidupan bawah air. Untuk hal tersebut, ikan yang dianggap mampu bergerak paling cepat dalam air adalah Istiophorus platypterus.

Ikan itu mampu berenang menempuh jarak 91 meter atau 300 kaki hanya dalam waktu 3 detik. Itu setara dengan 109,2 kilometer per jam. Karenanya, ikan itu pun dianggap sebagai ikan tercepat di dunia.

Ikan penghasil telur terbanyak

Greay kerapu (Epinephelus tauvina) adalah ikan yang dianggap sebagai penghasil telur terbanyak di dunia. Ikan betinanya mampu mengeluarkan 340 juta butir telur dalam satu musim, meski telurnya sangat kecil—diameternya sekitar 0,75 milimeter.

Ikan penghasil telur paling sedikit

Jika Greay kerapu menjadi ikan penghasil telur terbanyak, maka Mobula genus menjadi ikan penghasil telur paling sedikit. Ikan yang juga disebut Devil rays ini hanya memproduksi satu telur dalam satu musim—paling sedikit dibanding ikan lain mana pun.

Ikan paling mengejutkan di dunia

Electric eel (Electrophorus electricus) dari Amerika Selatan dianggap sebagai ikan paling mengejutkan di dunia—bukan hanya dalam kemampuannya, tetapi juga dalam bahayanya. Ikan itu memiliki organ listrik dalam tubuhnya, dan organ khusus itu mampu menghasilkan listrik berkekuatan 400 sampai 650 volt.

Kemampuan menghasilkan listrik itu memang ditujukan untuk pertahanan diri dari predator. Namun, tegangan listrik sebesar itu juga mampu membunuh manusia yang kebetulan apes menyentuhnya.

Ikan paling beracun di dunia

Poisonousness (Hispidus arothron) dianggap sebagai ikan paling beracun di dunia, karena memiliki organ beracun yang sangat berbahaya. Tak jauh beda seperti Electric eel, Poisonousness juga dibekali organ beracun itu untuk tujuan pertahanan diri dari predator. Namun, racun yang terdapat dalam organ internal ikan itu sangat mematikan. Hanya dengan 0,1 gram saja, racun ikan itu sudah bisa membunuh manusia dalam waktu setengah jam.

Ikan paling sedikit di dunia

Devils hole pupfish (Cyprinodon diabolis) adalah ikan yang panjangnya sekitar 15 sampai 20 milimeter. Ikan yang disebut cyprynid ini hanya dapat ditemukan di satu lokasi, yaitu di suatu tempat bernama Devil’s Hole di wilayah Nevada, Amerika Serikat. Selain itu, jumlah ikan ini sekarang hanya diperkirakan sekitar 200 sampai 700 ekor saja. Karenanya, ikan itu pun dianggap sebagai ikan dengan jumlah paling sedikit di dunia.

Ikan paling banyak di dunia

Jika Devils hole pupfish menjadi ikan dengan jumlah paling sedikit, maka ikan yang jumlahnya dianggap paling banyak di dunia adalah Anchoveta peru (Engraulis ringens). Ikan ini memiliki panjang sekitar 8 sentimeter, dan banyak hidup di perairan Amerika Selatan. Jumlah spesies ikan ini sangat banyak. Sebegitu banyaknya, sampai-sampai ikan itu sering ditemukan di kedalaman pasir.

Ikan dengan umur terpanjang

Ikan paling panjang umur di dunia adalah spesies yang disebut Rockfish rougheye (Sebastes aleutianus). Ikan ini dapat ditemukan di wilayah Alaska, dan dilaporkan bisa hidup hingga mencapai usia 205 tahun. Ikan terakhir yang mampu hidup setua itu ditemukan pada tahun 2002.

Ikan dengan tempat hidup terdalam


Di palung Puetorican yang sangat sedikit diketahui bentuk kehidupannya, ditemukan seekor ikan yang mampu hidup di kedalaman 8.372 meter. Ikan bernama Abyssobrotula galatheae itu menjadi satu-satunya spesies ikan yang mampu hidup di kedalaman semacam itu, sehingga menjadikannya sebagai ikan dengan tempat hidup paling dalam di dunia.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.