Cara Mendapatkan Beasiswa Melalui Internet

Cara Mendapatkan Beasiswa

BIBLIOTIKA - Ada banyak cara untuk dapat memperoleh beasiswa, dan salah satu di antaranya adalah dengan melalui internet. Di internet, ada cukup banyak wesbite atau situs yang memberikan informasi mengenai pemberian beasiswa, atau secara langsung menawarkan bantuan beasiswa bagi siapa saja yang membutuhkannya.

Jenis situs yang kedua, yakni yang secara langsung memberikan atau menyediakan beasiswa, biasanya adalah situs-situs resmi yang memang milik dari suatu lembaga tertentu yang menjadi badan pemberi bantuan beasiswa. Badan-badan semacam ini cukup banyak, dan sebenarnya sudah cukup lama ada di Indonesia.

Di era orde baru dulu, misalnya, ada suatu lembaga bernama GNOTA (Gerakan Nasional Orang Tua Asuh), yang secara rutin memberikan beasiswa bagi para murid atau siswa yang kurang mampu.

Keberadaan lembaga pemberi bantuan beasiswa semacam GNOTA itu, sekali lagi, sudah cukup lama ada, hanya saja mungkin kurang populer di masyarakat karena selama ini informasi yang ada kurang menyebar secara merata atau meluas.

Pada masa sekarang ini, dengan hadirnya era internet, badan-badan atau lembaga pemberi beasiswa itu pun semakin mudah dalam memperkenalkan diri dan keberadaannya melalui internet, dan diharapkan informasi mengenainya dapat secara luas diketahui oleh masyarakat.

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, lembaga-lembaga yang bergerak dalam bidang bantuan beasiswa tidak sedikit jumlahnya, dan kita dapat mencarinya melalui berbagai cara. Yang umum, biasanya, adalah dengan menanyakannya kepada sekolah atau perguruan tinggi tempat kita belajar, dan biasanya mereka (lembaga pendidikan itu) akan memiliki cukup banyak informasi mengenai badan-badan atau lembaga pemberi beasiswa semacam itu.

Namun, jika ternyata lembaga pendidikan tempat kita belajar tidak atau belum memiliki informasi mengenai hal tersebut, maka kita dapat mencarinya di internet. Di internet, ada beberapa lembaga pemberi bantuan beasiswa yang telah membuka dan memiliki website atau situs resmi yang menjelaskan mengenai program kerja mereka, yakni pemberian beasiswa ini.

Di antara banyaknya lembaga pemberi beasiswa yang telah online di internet, kita dapat memilih yang sekiranya paling cocok dengan kebutuhan kita. Karena, masing-masing lembaga ini memiliki persyaratan yang berbeda, yang disesuaikan dengan kebijakan dari masing-masing lembaga.

Ada lembaga yang hanya memberikan bantuan beasiswa untuk pendidikan dalam negeri, ada pula lembaga yang hanya membantu orang yang ingin belajar di luar negeri. Ada lembaga yang khusus membiayai pendidikan untuk suatu jenis bidang studi tertentu saja, ada pula lembaga yang membebaskan penerima bantuannya untuk menempuh bidang studi apapun yang diinginkannya.

Nah, persyaratan lain yang biasanya diajukan oleh para lembaga ini adalah menyangkut diri orang yang akan menerima bantuan beasiswa dari mereka. Ada lembaga yang hanya akan membantu orang-orang yang memang tidak mampu secara finansial hingga kesulitan untuk membayar biaya pendidikan, ada pula lembaga yang tidak peduli dengan status sosial orang bersangkutan selama orang tersebut dapat memenuhi persyaratan yang mereka berlakukan.

Dengan mengetahui dan mempelajari syarat-syarat dari masing-masing lembaga tersebut, maka bisa diharapkan nantinya kita akan dapat menemukan lembaga mana yang sekiranya paling cocok untuk kita mintai bantuan, dan kita dapat mempelajari hal itu di situs-situs resmi mereka yang nanti alamat dan tampilan situsnya akan kami tampilkan di bab selanjutnya.

Yang perlu diingat sebelum mengajukan permohonan bantuan beasiswa adalah kesiapan diri. Dan salah satu kesiapan yang perlu dilakukan itu adalah memiliki sebuah alamat e-mail, dan ini bisa dibilang sebagai kesiapan yang paling dasar, karena nantinya (apabila terjadi komunikasi dengan pihak lembaga pemberi bantuan beasiswa tersebut), sebagian besar dari komunikasinya akan dilakukan dengan menggunakan sarana e-mail.

Karenanya, jika Anda kebetulan belum memiliki alamat e-mail yang aktif di internet, maka sebaiknya buatlah terlebih dulu setidaknya satu buah e-mail agar nantinya Anda dapat lancar mengurusi keinginan dan kebutuhan dalam hal mendapatkan bantuan beasiswa sebagaimana yang Anda harapkan. Anda bisa membuat e-mail di Yahoo, di Gmail atau di Hotmail dan lain-lain. Pembuatan e-mail sama sekali gratis, bisa dilakukan dengan mudah, dan alamat e-mail ini nantinya akan menjadi ‘alamat resmi’ Anda di internet.

Nah, apabila Anda telah siap dengan e-mail yang aktif dan pasti, maka Anda sudah bisa mulai menelusuri situs-situs penyedia bantuan beasiswa untuk melihat apa saja persyaratan yang mereka ajukan, sekaligus mengetahui bagaimana mekanisme pengajuannya.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.