Cara Mendapat Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa Luar Negeri

BIBLIOTIKA - Apabila Anda berencana untuk belajar di luar negeri, ada cukup banyak alternatif beasiswa yang dapat dipilih. Beberapa lembaga pemberi bantuan beasiswa secara khusus memberikan bantuannya kepada siapa saja yang ingin belajar di suatu negara. Untuk memberikan gambaran sekilas kepada Anda, berikut ini adalah informasi yang ditranskrip dari situs Australian Scholarships.

Beasiswa

Meskipun sebagian besar siswa internasional di Australia merupakan siswa yang membayar penuh, terdapat pilihan untuk mengajukan beasiswa.

Beasiswa ditawarkan oleh Pemerintah Australia, lembaga pendidikan dan sejumlah organisasi lain. Beasiswa ini mencakup berbagai sektor pendidikan, termasuk pendidikan dan pelatihan kejuruan, pertukaran siswa, tingkat sarjana/undergraduate dan untuk studi serta penelitian pascasarjana.

Beasiswa Pemerintah Australia tidak tersedia untuk siswa internasional yang mengambil pelatihan bahasa Inggris di Australia. Namun, terdapat beberapa beasiswa pelatihan bahasa Inggris yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan Australia.

Untuk informasi beasiswa, gunakanlah Database Beasiswa. Basis data ini menyediakan daftar yang akurat dan andal mengenai semua beasiswa yang disediakan oleh badan pemerintahan, lembaga pendidikan dan organisasi yang berbasis di Australia kepada siswa internasional yang sedang studi atau berencana untuk studi di Australia dengan visa pelajar.

Program Beasiswa Australia

Program Beasiswa Australia (Australian Scholarships) merupakan prakarsa Pemerintah Australia. Beasiswa ini menyatukan dan mengembangkan program-program beasiswa yang ada di kawasan Asia Pasifik dan yang dikelola oleh Badan Pengembangan Internasional Australia (Australian Agency for International Development/ AusAID) dan Departemen Pendidikan, Ketenagakerjaan dan Hubungan di Tempat Kerja (Department of Education, Employment and Workplace Relations/DEEWR).

Australian Scholarships ini juga mengeluarkan program baru yang dikelola AusAID, disebut Australian Leadership Awards. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.australianscholarships.gov.au.

Terdapat tiga bagian dalam program Australian Scholarships, yaitu:

Endeavour Programme – menyatukan semua beasiswa pendidikan internasional DEEWR. Endeavour Programme ini menunjukkan keunggulan sektor pendidikan, sains dan pelatihan Australia dengan cara membawa para siswa, peneliti dan profesional yang berprestasi tinggi ke Australia untuk melakukan studi jangka pendek atau panjang, penelitian serta pengembangan profesional dalam berbagai jenis disiplin. Program ini juga mendorong warga Australia untuk melakukan hal yang sama ke luar negeri. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di: www.endeavour.dest.gov.au

Australian Leadership Awards (ALA) – berfokus untuk mengembangkan para pemimpin yang dapat memberi pengaruh pada reformasi kebijakan sosial dan ekonomi dan hasil pembangunan baik di negara asal mereka dan di kawasan Asia Pasifik. ALA menyediakan dukungan beasiswa untuk studi pascasarjana di Australia dan peluang fellowship jangka pendek di riset khusus, studi atau keterlibatan profesional melalui berbagai organisasi Australia yang berpartisipasi. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di: www.ausaid.gov.au/scholar

Australian Development Scholarships (ADS) – bertujuan untuk berkontribusi terhadap kebutuhan pembangunan jangka panjang para negara mitra Australia dalam rangka mendukung tata pemerintahan yang baik, pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sumber daya manusia.

ADS menyediakan para penerima beasiswa ketrampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mendorong perubahan dan mempengaruhi hasil pembangunan di negara asal mereka, dengan cara meraih kualifikasi pendidikan tinggi di lembaga pendidikan Australia yang turut berpartisipasi. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di: www.ausaid.gov.au/scholar

Sumber pendanaan lainnya

Berbagai organisasi internasional dan organisasi sosial menawarkan beasiswa untuk studi internasional. Anda harus memohon beasiswa ini di negara asal Anda, bukan saat di Australia.

Situs web Asosiasi Universitas Persemakmuran menyediakan panduan beasiswa untuk mahasiswa pascasarjana Persemakmuran yang ditawarkan oleh Pemerintah, Rotary International, Bank Dunia, World Health Organisation, Asian Development Bank, PBB, Rockefeller Foundation dan berbagai organisasi lainnya.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.