Cara Cerdas Menjadi Kaya


BIBLIOTIKA - Di zaman dahulu, kebanyakan orang berpikir bahwa hanya dengan bekerjalah mereka dapat memperoleh uang atau mendapatkan penghasilan. Karena memiliki landasan berpikir semacam itu, maka orang-orang di zaman dulu pun menganggap pekerjaan sebagai sesuatu yang sangat penting, bahkan paling penting, dalam hidup. Karena mereka berpikir bahwa hanya dengan bekerja itulah mereka dapat memperoleh uang.

Aturan atau rumusnya secara sederhana adalah; apabila mereka bekerja maka mereka mendapatkan uang, dan apabila tidak bekerja maka mereka tidak mendapatkan uang. Itu adalah rumus lazim, khususnya dalam hal keuangan dan penghasilan, di masa lalu.

Namun, di zaman sekarang, paradigmanya telah berganti dan aturan rumus yang semacam itu pun telah berubah. Kalau orang pada zaman dulu hanya bisa mendapatkan uang kalau bekerja, maka di masa kini orang dapat tetap memperoleh uang atau penghasilan tanpa harus bekerja lagi.

Tentu saja yang dimaksud di sini bukanlah cara menjadi kaya jalan tidak benar atau dengan bantuan makhluk gaib yang cenderung tak masuk akal. Mendapatkan penghasilan atau tetap memperoleh uang tanpa harus bekerja lagi adalah bagian dari cara baru menyangkut paradigma modern dalam upaya mendapatkan penghasilan. Dan jawabannya adalah dengan melakukan investasi.

Investasi adalah cara cerdas untuk menjadi kaya, dan mendapatkan penghasilan tanpa harus terus bekerja demi uang. Kalau paradigma pada zaman dulu adalah ‘bekerja keras’, maka paradigma di zaman sekarang adalah ‘bekerja cerdas’. Konteksnya dalam investasi adalah menggunakan uang untuk bekerja bagi kita, dan bukannya kita yang harus terus-menerus bekerja demi uang.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa untuk dapat melakukan investasi kita harus terlebih dulu memiliki sejumlah uang atau sejumlah dana tersisa untuk dapat diinvestasikan, dan itu artinya kita harus tetap bekerja untuk mendapatkannya. Dan memang tidak ada rumusan yang dapat membuat orang menjadi kaya tanpa harus bekerja sama sekali.

Namun yang dimaksudkan di sini menyangkut upaya kita menjadi kaya secara cerdas adalah dengan menggunakan uang yang kita miliki dari hasil bekerja itu untuk ‘membantu’ kita menambah penghasilan yang biasanya kita peroleh. Praktisnya, kita tidak lagi bekerja secara penuh untuk uang semata-mata, namun juga mulai menggunakan uang yang kita miliki untuk ikut ‘bekerja’ untuk kekayaan kita.

Ada cukup banyak variasi investasi yang dapat kita pilih, dari yang paling mudah sampai yang paling sulit, dan kita bisa memilihnya yang paling tepat, tergantung seberapa banyak dana yang kita miliki untuk berinvestasi, tergantung pada tujuan berinvestasi, juga tergantung pada jangka waktu yang kita harapkan menyangkut hasil dari investasi. Namun, apa pun pilihannya, dengan menganggarkan sejumlah uang yang kita miliki untuk mulai berinvestasi, maka artinya kita sudah mulai melakukan upaya cerdas untuk menjadi kaya, dan juga mulai menggunakan uang untuk bekerja kepada kita.

Orang-orang kaya terkenal semacam Warren Buffet, Donald Trump, Robert Kiyosaki, dan sederet milioner lain, semuanya menggunakan uang mereka untuk menghasilkan uang yang lebih besar, dan cara yang banyak mereka lakukan adalah dengan jalan investasi. Hari ini sejumlah uang diinvestasikan di tempat yang tepat dan dengan cara yang tepat, lalu di masa mendatang uang itu telah bertambah berkali lipat.

Jika Anda juga tertarik untuk menjadi kaya dengan cara cerdas, Anda dapat mempelajari banyak artikel di web ini, khususnya yang ada di label Keuangan, yang membahas banyak hal mengenai uang, pengelolaan penghasilan, panduan berinvestasi, dan hal-hal lain yang berhubungan. Kinilah saatnya untuk menjadi kaya dengan cara cerdas, yakni dengan menjadikan uang bekerja untuk kita, dan bukan semata kita yang bekerja untuk uang.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.