Burung-burung yang Sangat Berbahaya

elang

BIBLIOTIKA - Burung-burung jinak yang biasa kita lihat di kandang mungkin tampak lucu dan menyenangkan. Namun tidak semua spesies burung seperti itu. Di alam liar, ada beberapa jenis burung yang sama sekali tidak lucu apalagi menyenangkan. Sebaliknya, mereka tergolong berbahaya, karena dapat menyerang manusia. Dengan cakar atau paruhnya yang tajam, burung-burung itu dapat mengakibatkan masalah bagi korbannya.

Berikut ini jenis-jenis burung yang dianggap berbahaya, karena memiliki potensi menyerang manusia.

Burung rhea

Rhea (rheas) adalah burung asli Amerika Selatan. Burung besar ini dapat tumbuh hingga seberat 60 sampai 80 kilogram. Meski ukurannya lebih kecil dibanding burung unta, dan tidak seagresif burung kasuari, namun burung rhea memiliki kaki yang berotot, taji yang keras pada kaki, dan tendangan yang sangat kuat.

Burung hering

Hering (vultures) memiliki penglihatan yang sangat baik. Ketika berhadapan dengan ancaman (misalnya manusia), burung ini dapat mengeluarkan suara mendengus rendah sebagai peringatan. Ketika terpojok, burung hering dapat menyerang dengan paruhnya yang melengkung tajam, yang bisa melukai daging.

Burung elang

Elang (eagles) adalah hewan yang kuat, sekaligus agresif. Di alam liar, burung ini mungkin tidak terlalu berbahaya bagi manusia. Namun, jika kebetulan berada di tempat yang tertutup—misalnya dalam ruangan—burung ini bisa panik dan membahayakan manusia dengan mudah dengan kekuatannya. Sekadar catatan, elang bisa makan sekitar setengah kilogram ikan hanya dalam waktu empat menit.

Burung falkon

Falkon (falcons) adalah burung pemangsa. Sebagaimana umumnya burung pemangsa, ia memiliki cakar yang tajam dan paruh yang kuat untuk berburu. Selain itu, burung ini juga memiliki kecepatan dan kelincahan, sehingga serangannya sangat mematikan. Jangankan burung falkon dewasa, bahkan falkon yang masih tergolong bayi pun sudah cukup berbahaya.

Burung hantu

Burung hantu (owls) adalah raptor alias burung pemangsa. Mereka menggunakan cakar dan paruhnya untuk membunuh, menangkap, dan makan. Di dalam ruangan tertutup, atau jika merasa gelisah atau takut, burung ini dapat menyerang manusia, dan serangannya hampir dapat dipastikan berbahaya.

Burung camar

Camar (seagulls) terkenal sebagai burung yang agresif dan sering menyerang manusia atau hewan lain. Burung ini tidak segan untuk menyerang atau mematuk kepala orang-orang yang kebetulan dikehendakinya. Yang menjadi masalah, burung ini juga memiliki paruh yang tajam, sehingga dapat melukai korbannya secara serius.

Angsa Kanada

Angsa Kanada (Canada geese) sangat agresif dalam melindungi anak-anaknya. Jika mereka mendapati manusia mencoba mendekati sarang atau anak-anaknya, maka angsa ini akan seketika mengejar, menyerang, dan menggigit tanpa ampun.

Burung unta

Burung unta (Ostriches) adalah burung penggugup, namun berbahaya. Mereka adalah burung terbesar di antara burung lain. Selain berukuran besar, mereka juga mampu berlari dengan kecepatan luar biasa (mencapai 30 mil per jam hingga jarak 10 mil). Kemampuan berlarinya itu ditunjang oleh sepasang kaki yang sangat kuat. Tendangan mereka dapat membunuh seekor hyena. Selain itu, mereka juga memiliki cakar tajam yang berbahaya.

Burung kasuari

Kasuari (Cassowaries) adalah spesies yang sekarang terancam punah. Burung besar ini hidup di hutan hujan, hutan dan rawa di Australia, juga di daerah Papua, Indonesia. Burung ini sulit ditebak, agresif, dan berbahaya. Mereka memiliki sepasang kaki yang besar dan cakar yang tajam. Tendangan mereka dapat mematahkan tulang, dan cakar mereka memiliki ketajaman seperti belati.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.