Anjing-anjing Penjaga Terbaik di Dunia

anjing bullmastiff

BIBLIOTIKA - Anjing adalah salah satu hewan yang sering dipelihara, karena memiliki kesetiaan yang luar biasa pada tuannya. Selain itu, anjing juga dipelihara dengan tujuan untuk menjaga keamanan rumah, kantor, atau bahkan pabrik.

Untuk hal itu, tidak semua jenis anjing dapat dijadikan “petugas penjaga”. Ada anjing-anjing khusus yang memang dapat diandalkan untuk tugas itu, biasa disebut anjing penjaga, dan berikut ini adalah jenis-jenis anjing yang dianggap terbaik di dunia.

Bullmastiff

Bullmastiff dianggap bukan anjing cerdas, dan staminanya juga tidak terlalu baik serta jarang menggonggong. Namun dia pemberani, cukup lincah untuk ukurannya, dan memiliki protective instinc yang kuat.

Dia anjing yang aman dan setia, bisa akur dengan kucing peliharaan, dan tidak suka menggigit. Jika terpaksa, anjing ini lebih suka menggunakan badannya yang besar untuk mendorong orang hingga jatuh, dan kemudian menahan atau menghimpitnya. Selama mangsanya tidak melawan, anjing ini tidak akan menggigit meski selalu waspada dan siap melakukannya.

Doberman Pinscher

Nama anjing ini berasal dari orang yang pertama kali “melahirkannya”, yaitu Louis Doberman. Orang ini adalah seorang penagih pajak, yang kemana-mana sering membawa uang banyak hasil pajak. Karena itu, Louis Doberman pun membutuhkan pengawal, namun yang murah.

Untuk mengatasi kebutuhannya tersebut, Louis Doberman pun menempuh jalan yang cerdik. Ia mengawinsilangkan anjing Rottweiler, Greyhound, dan Terrier. Hasilnya adalah anjing yang cerdas dan protektif, cepat, sekaligus berstamina bagus, yang kemudian disebut Doberman.

Rottweiller

Anjing ini sangat kuat, memiliki stamina yang bagus, cerdas, sekaligus ramah pada tuannya. Namun, meski begitu, anjing ini juga sangat protektif, sehingga bisa berbahaya untuk orang asing atau yang belum dikenalnya. Biasanya, orang yang menggunakan anjing Rotweiller perlu melatihnya sejak kecil, sehingga tidak liar ketika di masa dewasanya.

Puli

Puli adalah anjing dengan penampilan lucu dan menggemaskan, namun memiliki kewaspadaan yang sangat tinggi sehingga sering dijadikan anjing penjaga. Mulanya, anjing Puli dibiakkan sebagai anjing penggembala. Namun, karena tingkat kewaspadaannya yang sangat tinggi, Puli pun kemudian beralih menjadi anjing penjaga.

Komodor

Dapat disebut sebagai Puli dalam versi yang lebih besar, Komodor adalah anjing yang juga memiliki tingkat kewaspadaan tinggi seperti Puli, namun lebih agresif. Agresivitasnya itu pula yang menjadikan Komodor sering dijadikan sebagai anjing penjaga.

Giant schnauzer

Anjing ini memiliki penampilan yang galak. Tampangnya seperti dihiasi kumis, dan sikapnya juga sangat dominan serta sulit ditundukkan. Namun, meski begitu, anjing ini sangat setia pada tuannya, dan mereka suka mengikuti tuannya saat di rumah. Kesetiaan serta perangainya itu menjadikan anjing ini sebagai salah satu anjing penjaga terbaik.

German sheperd

German sheperd merupakan anjing favorit pihak kepolisian. Anjing ini memiliki naluri protektif yang kuat, cerdas, berstamina bagus, serta mudah dilatih. Karena itu pula, banyak kantor polisi yang menjadikan anjing ini sebagai “mitra” dalam mengejar penjahat.

Rhodesian ridgeback

Semula, Rhodesian ridgeback dibiakkan sebagai anjing pemburu, dan mereka memburu singa di hutan. Karenanya, naluri asli anjing ini masih tergolong berbahaya meski telah berubah menjadi anjing penjaga. Mereka memiliki insting pemangsa, pemberani, dan gonggongannya menciutkan nyali. Mereka juga cerdas sekaligus aktif. Namun, jika terlalu lama menganggur, anjing ini juga dapat destruktif.

Kuvasz

Hewan ini memiliki penampilan seperti domba, dan dulunya merupakan anjing penggembala. Mereka memiliki naluri protektif atas wilayah teritorial, sehingga mereka pun suka berdiam di pos penjagaan dan tidak akan meninggalkan posnya jika tidak terpaksa. Karena itu pula, anjing ini sering dijadikan sebagai anjing penjaga.

American staffordshire terrier

American staffordshire terrier adalah anjing pitbull, namun tidak sama dengan pitbull terrier. Dalam dunia anjing, ada tiga jenis anjing pitbull, yaitu American pitbull terrier, Staffordshire terrier, dan Staffordshire bull terrier. American staffordshire terrier tidak seagresif pitbull terrier, dan lehernya lebih pendek. Sebagai anjing penjaga, hewan ini dapat diandalkan.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.